Tips Membeli Motor Baru Secara Cash atau Kredit di Dealer

"Silahkan kunjungi postingan Tips Membeli Motor Baru Secara Cash atau Kredit di Dealer untuk membaca artikel selengkapnya dengan klik link di atas."

4 min read
Tips Membeli Motor Baru Secara Cash atau Kredit di Dealer - Beli cash atau kredit masih menjadi pertimbangan yang serius antara beli motor baru dengan uang cash atau dengan kredit. Pasti adalah untung ruginya antara 2 metode membeli motor baru ini.

Tips Membeli Motor Baru Secara Cash atau Kredit di Dealer
Tips Membeli Motor Baru Secara Cash atau Kredit di Dealer

Bagi yang punya uang lebih, pasti akan membeli motor cash. Namun bagi yang belum memiliki uang untuk membeli motor, jalan satu-satunya adalah dengan mencicil motor atau kredit. Nah, biar tidak bingung, saya akan berbagi tips membeli motor cash dan kredit di bawah ini.

Tips Membeli Motor Baru Secara Cash atau Kredit di Dealer


Langsung saja, berikut beberapa tips membeli motor baru yang penting untuk diketahui

1. Beli di dealer resmi

Membeli motor sangat disarankan untuk membelinya secara langsung di dealer resmi dan terpercaya. Selain aman, juga minim resiko penipuan. Cara membeli motor cash di dealer atau pun kredit sangat mudah. Tentukan jenis motor dan kunjungi dealer-nya, baik Yamaha, Honda dan lain-lain.

2. Negosiasi harga

Saat membeli motor baru cash, sangat besar kemungkinan untuk mendapatkan bonus dan potongan harga. Karena itu, negosiasi dan tawar menawar sangat mempengaruhi harga motor yang akan dibeli.

Sebaiknya pelajari juga cara menawar yang baik agar bisa membeli dengan harga murah. Namun memang kadang harga yang diberikan memang harga pas sih.

3. Service gratis

Saat membeli motor baru, baik cash atau pun kredit, kita akan mendapatkan service gratis sebanyak 4 kali dengan ketentuan, 1 kali ganti oli. Service gratis ini tidak termasuk pergantian suku cadang.

4. Asuransi motor

Dan tidak kalah penting adalah asuransi dan garansi motor. Ya mungkin lebih tepatnya garansi motor. Garansi ini tentunya berbeda-beda tiap dealer tapi intinya sama saja kok. Paling bedanya hanya di masa garansinya atau pun ketentuan masing-masing dealer.

Itulah tips-tips membeli motor baru yang perlu dipahami. Intinya belilah motor di tempat terpercaya dan resmi.

Lihat juga tips menjual mobil bekas dengan harga tinggi

Tips Membeli Motor Baru Kredit 


tips membeli motor baru kredit
Tips membeli motor baru kredit

Nah, jika budget belum cukup, kita tetap bisa mendapatkan motor baru dengan cara kredit. Untuk membeli motor dengan kredit, bisa pertimbangkan hal-hal penting di bawah ini.

1. Uang muka lebih banyak

Berapa DP (Down Payment) yang Anda akan bayarkan?

Semakin tinggi uang muka maka akan lebih kecil juga cicilan yang harus dibayarkan tiap bulannya. Saran sih, sebaiknya uang muka cukup tinggi agar bunga kredit angsuran juga lebih kecil.

2. Pertimbangkan lama cicilan

Angsuran kredit motornya berapa lama?

Sistem bayarnya bagaimana?

Ini tergantung kamu sendiri. Bisa setiap bulan dan juga bisa menggunakan sistem panen. Beli motor kredit dengan sistem panen ini biasa digunakan oleh petani untuk mencicil motor. Jadi, cicilan akan dibayar setiap 6 bulan sekali.

Semakin singkat waktu yang dibutuhkan untuk melunasi cicilan, semakin murah juga harga motor tersebut, dilihat dari kalkulasi sampai cicilan lunas.

Bagu mana, beli motor baru cash atau kredit?


Berikut kelebihan dan kekurangan antara beli motor cash dan kredit.

Kelebihan dan kekurangan beli motor cash

Motor cash artinya bayar sekali dan tidak perlu lagi mikirin cicilan tiap bulannya. Bisa dikatakan, beli motor secara cash sudah tidak perlu memikirkan beban cicilan tiap bulannya.

Kekurangan beli motor cash adalah harus punya uang yang pas agar bisa bayar langsung motor yang akan dibeli. Biasanya untuk orang ber-budget ini bukan suatu masalah.

Kelebihan dan kelemahan beli motor kredit

Kelebihan membeli motor secara kredit sebenarnya sangat banyak. Mulai dari bisa dapat motor dengan harga murah, jadi sangat meringankan. Beli motor kredit tidak butuh DP yang tinggi, lebih teratur dalam menggunakan uang karena ada cicilan yang harus dibayar.

Saat membeli motor secara kredit, tidak bisa juga dipungkiri adanya kekurangannya. Bahkan banyak yang bilang beli kredit itu rugi. Ya tapi jika tidak punya pilihan lain, mengapa tidak?

Kelemahan beli motor kredit adalah adanya cicilan bulanan, harga motor bisa dua kali lipat lebih mahal dan jika tidak bisa bayar tepat waktu, resiko penarikan motor kredit sangat besar. Jadi, kalau sudah ditarik, DP dan cicilan selama ini bisa dikatakan terbuang begitu saja.

Mau beli motor cash atau kredit, tergantung kita orang sih. Intinya nyamannya kita aja. Sekali lagi, sebenarnya saya lebih memilih membeli cash ke dealer. Jika tidak cukup uang, kita bisa ambil di koperasi dengan bunga yang lebih rendah.

Jika kamu datang ke dealer, pasti mereka akan menawarkan dan menyarankan kamu untuk membeli motor dengan kredit atau cicilan. Semua tergantung pembeli.

Lihat juga Tips Membeli Motor Bekas Murah

Demikianlah tips membeli motor baru secara cash atau kredit di dealer resmi. See you next time!
Posting Komentar