Cara Investasi Emas di Pegadaian dan Bank Dengan Mudah

"Cara investasi emas di Pegadaian, bank, dan Antam dengan mudah cocok untuk pemula belajar investasi jangka panjang, cara beli emas kredit di Pegadaian"

4 min read
Cara Investasi Emas di Pegadaian - Investasi emas bukan hanya untuk kalangan pengusaha dengan modal berlimpah. Kamu yang baru terjun ke dunia bisnis pun dan memiliki penghasilan yang sekalipun kecil tetap bisa investasi emas. Saat ini, investasi emas bisa dilakukan dibanyak tempat. Jika dulu investasi emas sering dilakukan di bank atau pegadaian, sekarang investasi emas online juga bisa.

Cara Investasi Emas di Pegadaian dan Bank Dengan Mudah
Cara Investasi Emas di Pegadaian dan Bank Dengan Mudah

Bagi pemula, menjadi investor emas harus membutuhkan strategi yang tepat agar investasi tetap lancar dan tidak melarat. Pertama-tama, simak tips investasi emas bagi pemula di bawah ini!

Tips Investasi Emas Bagi Pemula


Berikut ini tips-tips investasi emas bagi pemula agar menguntungkan.

1. Mengenal investasi emas lebih jauh

Saat kita memutuskan untuk menginvestasikan uang yang kita miliki menjadi emas, kita harus paham benar-benar tentang keuntungan dan kerugian investasi emas.

Keuntungan investasi emas sudah jelas, bisa menjadi solusi dana darurat dan juga untuk mengamankan aset kita yang berupa uang kertas. Karena ketika nilai uang tergerus inflasi maka harga emas cenderung stabil bahkan mengalami kenaikan harga.

Kelemahan investasi emas adalah perputaran uang yang cukup lambat. Harga emas memang selalu naik setiap tahunnya, tapi tidak melambung tinggi dengan cepat.

Proses investasi emas terkadang terasa sangat lama untuk bisa menghasilkan keuntungan yang sepadan. Jadi, tujuan dari investasi emas sebenarnya hanya untuk mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih cerah dengan mengamankan uang kertas yang kita miliki dari inflasi.

2. Kesalahan dalam investasi emas

Banyak yang pikir investasi emas itu semudah membeli emas saat ini, menyimpan emas dengan aman dan menjualnya saat harga naik. Investasi emas tidak selamanya seperti itu.

Tujuan keuangan harus jelas saat investasi emas. Seperti yang saya katakan di atas, investasi emas tidak terlalu banyak berarti jika hanya dalam waktu 1 tahun.

Kesalahan dalam investasi emas terjadi saat kita mengharapkan keuntungan yang besar dari investasi emas dalam waktu yang singkat sementara emas termasuk investasi jangka panjang.

Karena tujuan investasi emas lebih kepada proteksi untuk menghadapi keadaan darurat dan juga untuk mengamankan aset dari inflasi yang terjadi setiap tahunnya.

Satu lagi, jika ingin investasi emas, sebaiknya investasi dalam jumlah yang cukup besar. Karena semakin kecil emas batangan yang dibeli akan semakin mahal harga emas tersebut.

3. Jangan berinvestasi saat kebutuhan utama belum terpenuhi

Walaupun modal investasi emas relatif kecil dan bisa dilakukan oleh siapapun yang ingin berinvestasi, namun investasi harus tetap memperhatikan kebutuhan utama kehidupan. Terlebih investasi emas termasuk jenis investasi jangka panjang.

Karena itu, usahakan untuk memenuhi kebutuhan primer terlebih dahulu dan sisikan uang untuk investasi emas dengan cara gemar menabung. Dengan memiliki tabungan, kita bisa mencicil emas per gramnya sedikit demi sedikit agar bisa membeli emas dalam jumlah yang besar.

Cara Investasi Emas yang Baik dan Benar


Saat ini, harga emas antam berkisar Rp600.000,-an per gramnya. Dengan mengetahui harga emas saat ini, kita jadi bisa mempersiapkan dana untuk investasi emas.

Emas antam adalah emas batangan yang diproduksi oleh PT. Aneka Tambang, Tbk atau PT. Antam. Emas batangan yang dibuat oleh PT. Antam memiliki ciri khas masing-masing sehingga tidak mudah dipalsukan. Seperti setiap emas batangan memiliki sertifikat yang berisi nomor seri emas tersebut beserta dengan berat emas dan kadar kemurnian emas.

PT. Pegadaian merupakan salah satu tempat terpercaya dan sering menjadi rujukan utama saat membeli emas antam. Bagi investor pemula dan bermodal kecil, investasi emas bukan alasan untuk tidak belajar investasi. Karena saat ini, banyak kemudahan yang ditawarkan oleh PT. Pegadaian bagi kamu yang ingin investasi emas.

1. Cara Investasi Emas di Pegadaian

PT. Pegadaian bukan hanya untuk menggadaikan barang dan aset penting tapi juga tersedia layanan-layanan lainnya, seperti investasi emas.

Membeli emas di PT. Pegadaian sangat terjamin dan memiliki beragam produk seperti syariah atau konvensional. Keuntungan lainnya membeli emas di Pegadaian sudah pasti emas tersebut asli, karena semua emas berasal dari PT. Antam.

Berikut beberapa cara investasi emas di Pegadaian baik kredit maupun tunai.

a. Mulia Tunai

Membeli emas batangan di Pegadaian secara tunai bisa melalui Mulia Tunai. Caranya mudah, cukup pilih emas yang disukai dengan berat emas sesuai dengan budget.

Setelah membayar emas tersebut, kita akan mendapatka sertifikat emas tersebut yang berisi keterangan tentang emas yang dibeli.

b. Konsinyasi Emas Pegadaian

Keuntungan investasi emas di Pegadaian memang tidak diragukan lagi. Dari pada menyimpan emas di rumah dan menunggu harga emas mahal dengan resiko tinggi, lebih baik mengikuti program konsinyasi emas di Pegadaian sehingga emas yang diinvestasikan bisa memiliki penghasilan sendiri.

Konsinyasi emas merupakan layanan titip jual emas di Pegadaian oleh nasabah. Jadi, emas yang dititipkan di Pegadaian bisa dibeli oleh nasabah lain dan keuntungan penjualan tersebut akan diberikan kepada penitip emas. Dan emas yang dititip oleh nasabah tersebut tetap utuh dengan emas lainnya yang sama ukuran, tidak berkurang kadar dan beratnya.

c. Tabungan Emas

Investasi emas termasuk jenis investasi jangka panjang yang paling menguntungkan dalam segi modal, karena investasi emas bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk kamu yang gak punya modal besar.

Di Pegadaian, kita bisa memiliki tabungan emas dengan modal kecil mulai dari Rp6.000,- saja dengan berat emas 0,01 gram. Syaratnya tidak terlalu besar, cukup bawa fotocopy ID Card seperti KTP dan SIM.

Jadi, dengan tabungan emas kita bisa menabung emas di Pegadaian yang tidak memberatkan.

2. Cara Investasi Emas di Bank

Yang perlu diketahui bahwa tidak semua bank menyediakan layanan investasi emas. Hanya bank-bank tertentu seperti Bank BNI Syariah, BRI Syariah, beberapa Bank Syariah lainnya.

Setiap bank memiliki metode investasi emas tersendiri. Misalnya berat emas, uang muka dan lama cicilan.

Syarat investasi emas di bank juga tidak terlalu sulit. Memiliki KTP dan juga meyakinkan bisa membayar cicilan emas serta memiliki uang muka sebesar 20% dari harga emas.

Jika syarat tersebut terpenuhi, maka Anda sudah bisa menjadi investor pemula yang belajar investasi emas.

Selain investasi emas di Pegadaian dan di Bank, investasi emas juga bisa dilakukan di Antam, PT. Pos Indonesia, dan yang lebih mudah lagi, investor juga bisa membeli emas secara online melalui toko online seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Hanya saja, jika investasi emas online di toko online harus cermat dan teliti. Pertimbangkan baik-baik untuk investasi emas online di toko online karena cukup beresiko. Jangan asal pilih toko online begitu saja tapi pertimbangkan tingkat keamanan toko online tersebut untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa merugikan Anda sebagai investor.

Ternyata ada banyak cara kredit emas bagi pemula yang ringan dan bisa untuk investor yang belum memiliki modal yang besar. Ketahuilah bahwa investasi emas sejak dini dengan metode bayar tunai atau kredit akan berdampak positif di kemudian hari.

Demikianlah cara investasi emas di Pegadaian dan Bank dengan mudah. Cara investasi emas di tempat lainnya bisa dicoba di toko online terpercaya dan memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi.
Posting Komentar