3 Cara Menghilangkan Kolom Komentar di Blogspot (Template Kompiajaib)

"Cara menghilangkan kolom komentar di blogspot, cara menghapus komentar bawaan Blogger, Facebook, Disquss di template Kompiflexible premium Kompiajaib,"

4 min read
Cara Menghilangkan Kolom Komentar di Blogspot dengan Mudah dan Cepat. Interaksi pemilik blog dengan pengunjung blog adalah hal yang penting dalam dunia blogging. Namun kadang, ada beberapa alasan yang membuat kita harus menghilangkan kolom komentar di blog.

3 Cara Menghilangkan Kolom Komentar di Blogspot dan Template Kompiajaib
3 Cara Menghilangkan Kolom Komentar di Blogspot Template Kompiajaib

Ada yang menghilangkan kolom komentar dengan tujuan untuk menghindari spam, ada juga yang demi kepentingan loading blog yang lebih cepat. Saya sendiri menghilangkan kolom komentar di Blog karena template yang saya gunakan bermasalah, tidak bisa reply komentar pengunjung menggunakan kolom komentar bawaan blog.

Cara Menghilangkan Komentar di Blogspot Artikel Tertentu


Cara menghilangkan komentar blog yang pertama ini biasanya digunakan pada halaman statis blog. Kita hanya menentukan artikel yang tidak ingin ada komentar bawaan Blogger.
  1. Pada dashboard Blog Anda, silahkan klik New Posting
  2. Tulis artikel seperti biasa dan sebelum di posting, pastikan untuk 
  3. Klik Pilihan/Setting pada sidebar menu editor - pilih "jangan izinkan mode tulis"  atau jika Anda sudah ada komentar di artikel tersebut, Anda bisa edit artikel itu kembali dan pilih "jangan bolehkan, sembunyikan yang ada" untuk menyembunyikan komentar di artikel tersebut.

Menyembunyikan komentar blog khusus di satu artikel blog
Menyembunyikan komentar blog khusus di satu artikel blog

Jadi, artikel dengan settingan di atas sebelum di publish tidak mengizinkan komentar pengunjung blog khusus di satu artikel itu.

Cara Mengilangkan Komentar di Blogger Otomatis


Langkah-langkah di bawah ini biasa digunakan saat pemilik blog tidak ingin menampilkan komentar di blognya sama sekali. Biasanya untuk kepentingan menghindari spam atau pun untuk mempercepat loading blog.
Cara menghapus komentar bawaan Blogger Blogspot Otomatis
Cara menghapus komentar bawaan Blogger Blogspot Otomatis
  1. Login ke Blogger
  2. Klik menu Setelan dan pilih Pos dan komentar
  3. Klik pada "Lokasi komentar" dan pilih sembunyikan.

Cara Menghapus Komentar Bawaan di Blog Template Kompiflexible


Cara Menghapus Komentar Bawaan di Blog Template Kompiflexible
Cara Menghapus Komentar Bawaan di Blog Template Kompiflexible

Blog Simentik.eu.org ini menggunakan template Kompiflexible premium dari Kompiajaib. Awalnya saya menggunakan template bawaan ini dengan full tiga media komentar, yaitu Disquss, Facebook dan komentar bawaan blogspot.

Namun karena reply komentar bermasalah, saya mendapat saran dari Pak Adhy Suryadi untuk menghapus atau menyembunyikan kolom komentar bawaan Blogger dan juga menghilangkan komentar melalui Facebook.

Saya pikir ini akan sangat sulit, ternyata tidak. Tadi saya pikir saya akan menghapus satu per satu kode komentar di template blog. Ternyata cukup tambahkan kode CSS untuk menyembunyikan kolom komentar di template Kompiflexible.
  1. Masuk ke Blogger
  2. Klik Template/Tema dan pilih Edit
  3. Tekan bersamaan CTRL + F dan cari kode /*]]>*/
  4. Tambahkan kode CSS di bawah ini tepat di atas kode /*]]>*/
.disqus-bar,.facebook-bar,.blogger-bar,.blogger-box,.facebook-box,.comment-text{display:none!important}
.disqus-box{display:block!important}

Jangan lupa save template blog kalian dan menu komentar bawaan blogger dan kolom komentar Facebook di template Kompiflexible sudah hilang. Dengan menyisahkan komentar di Disquss yang lebih populer, semoga tidak mengganggu user friendly dan membuat template ini semakin SEO Friendly karena lebih fast loading.

Lihat juga cara membuat sitemap di blogger

Demikianlah cara menghilangkan kolom komentar Blog di Blogspot dan juga menghapus komentar bawaan di template premium Kompiajaib, Kompiflexible. Semoga bermanfaat dan silahkan coba komentar Disquss di bawah :).
Posting Komentar