3 Cara Mengubah File Word ke PDF Dengan Mudah dan Cepat

"Kumpulan cara mengubah file word ke PDF dengan cepat dan mudah tanpa software tambahan, cara convert word to pdf offline dan online"

7 min read
Kumpulan cara mengubah file word ke PDF dengan mudah secara manual offline dan online maupun tanpa software tambahan. Mengubah file Word ke PDF ternyata sangat mudah jika dibandingkan dengan cara menggabungkan file PDF atau convert PDF ke word. Alat yang dibutuhkan untuk convert word ke PDF juga bisa langsung melalui Ms. Office.

3 Cara Mengubah File Word ke PDF Dengan Mudah dan Cepat
3 Cara Mengubah File Word ke PDF Dengan Mudah dan Cepat

Bagi kamu yang menggunakan hp android, kamu bisa memanfaatkan situs converter file Word ke PDF online atau pun download aplikasi convert file word ke PDF di Playstore. Sementara bagi kamu pengguna laptop Windows yang memiliki Ms. Office 2010 ke atas maka kamu bisa mengubah file word ke PDF langsung tanpa software tambahan.

Kumpulan Cara Mengubah File Word ke PDF dengan Mudah dan Cepat


Berikut ini langsung saja cara mengubah file word ke PDF dengan mudah dan cepat.

1. Cara merubah word ke PDF tanpa software tambahan


Perlu diketahui, bahwa file word menggunakan format file Docx atau Doc yang diedit dan dibuka menggunakan aplikasi Microsoft Office Word. 

Tapi cara merubah word ke PDF tanpa software tambahan menggunakan MS. Office ini hanya berlaku untuk MS. Office versi 2010 ke atas. 

Bagaimana cara mengubah word 2007 ke pdf? Sama saja, karena pada dasarnya word 2007 bisa dibuka di aplikasi Ms. Office 2010. So, kita hanya perlu membuka file word 2007 di Ms. Office versi 2010 ke atas dan menyimpannya ke dalam bentuk file PDF. 

Intinya, fasilitas convert file word ke PDF ini hanya berlaku dan dapat diterapkan pada word 2010 ke atas.

Berikut langkah-langkah mengubah file word ke PDF melalui tanpa software tambahan melalui Ms. Word 2010.

1. Masuk ke file dokumen word docx yang akan dijadikan PDF

2. Klik File (Tulisan berwarna biru pada pojok kiri layar laptop Anda) kemudian pilih Save As

 Klik File - Save As - Ms. Word 2010
Klik File - Save As - Ms. Word 2010

3. Pada file name isi dengan nama file (Bisa tidak perlu diubah)

4. Pada Save as type ubah dari word document ke PDF

 Pilih type files dari word ke PDF
Pilih type files dari word ke PDF

5. Save dan secara otomatis akan terdapat file PDF hasil duplikasi dari dokumen word yang tadi.

 Hasil convert word ke file PDF di word 2010
Hasil convert word ke file PDF di word 2010

Sekali lagi, cara mengubah file word ke PDF ini hanya berlaku untuk pengguna Ms. word 2010 ke atas. Sementara versi 2007 tidak tersedia fitur convert word ke PDF seperti di word 2010.

2. Cara convert word to pdf online


Cara kedua ini termasuk cara yang paling praktis mengubah word ke PDF karena dilakukan secara online dan otomatis oleh web converter file. Keuntungan menggunakan cara ini jika Anda tidak memiliki Ms. Office 2010 ke atas dan juga tidak memiliki aplikasi convert word ke PDF.

Karena cara convert word to pdf online juga bisa dilakukan langsung di hp dengan memanfaatkan situs-situs convert online terbaik di bawah ini untuk mengubah word ke PDF.

Menggunakan Website IlovePDF

1. Masuk ke website IlovePDF (Perbesar gambar untuk lihat URL)

 Convert Word To PDF online
Convert Word To PDF online

2. Klik select word files 
3. Cari file di drive komputer yang akan dijadikan PDF
4. Proses akan dilakukan otomatis dan tunggu beberapa detik file word Anda sudah tersedia juga dalam bentuk PDF.

Menggunakan SmallPDF

1. Masuk ke website SmallPDF (Perbesar gambar untuk lihat URL)

 Cara mengubah file word ke pdf online
Cara mengubah file word ke pdf online

2. Klik letakkan file word di sini
3. Pilih file yang akan diubah dari word ke PDF di memori hp atau drive laptop
4. Tunggu proses converter selesai dan download hasil converter word ke PDF.

3. Cara convert word to pdf offline


Convert word to pdf offline selain menggunakan Ms. Office 2010 ke atas, kamu bisa menggunakan aplikasi converter file word ke pdf menggunakan aplikasi.

Ada banyak sekali kok aplikasi mengubah word ke PDF, baik untuk windows maupun untuk android. Kamu bisa mendapatkannya secara gratis di internet atau pun di Playstore. Namun yang paling populer digunakan adalah mengubah word ke pdf candy.

Namun ada yang menarik juga dari cara convert word to pdf offline menggunakan aplikasi Foxit Reader. Ternyata, selain Foxit Reader sebagai aplikasi pembaca PDF juga bisa berfungsi untuk convert word ke PDF.

Itulah beberapa cara mengubah file word ke PDF online dan offline. Selain mengubah file word ke PDF, kamu juga bisa mengubah dokumen Excel dan Powerpoint PPT ke PDF menggunakan Ms. Office 2010 ke atas.

Sekedar informasi aja, bagi kamu yang hanya ingin mengedit teks pada file PDF bisa menggunakan LibreOffice 5.

Saya sendiri lebih sering menggunakan Ms. Office Word 2010 untuk mengubah word ke PDF. Selain lebih simple dan juga tidak ribet karena tanpa aplikasi tambahan, juga hanya aplikasi Ms. Word 2010 aja yang saya punya.

Untuk cara convert file word ke pdf offline, silahkan cari aplikasi-aplikasi terbaik yang direkomendasikan. Terima kasih sudah berkunjung!

Demikianlah artikel tentang cara mengubah file word ke PDF lengkap dengan gambar menggunakan Ms. word 2010 juga cara convert word to PDF online menggunakan situs converter file.
Posting Komentar