Cara Cek Sinyal Semua Operator di Daerah Kita

"Cara cek sinyal semua operator yang tersedia di daerah kita dan mengetahui operator seluler tercepat dengan jaringan 3G dan 4G di suatu daerah"

5 min read
Cara Cek Sinyal Semua Operator di Daerah Kita - Pernah kepikiran tidak, cara cek semua operator yang tersedia di daerah kita? Cara cek sinyal terkuat dan operator jaringan apa yang ada di suatu daerah? Pertanyaan seperti apakah daerah saya tersedia jaringan operator seluler Telkomsel, XL, Indosat, Kartu 3 dan sebagainya?

Cara Cek Sinyal Semua Operator di Daerah Kita
Cara Cek Sinyal Semua Operator di Daerah Kita

Semuanya akan dibahas dalam artikel cara cek sinyal semua operator di daerah kita berikut ini. Tujuannya sederhana, untuk mengetahui kartu apa saja yang bisa kita gunakan di lokasi tempat tinggal kita. Tujuannya? Tentu saja untuk mendapatkan paket internet, SMS, dan telpon termurah setelah dibandingkan dengan operator seluler lainnya yang jaringannya juga tersedia.

Cara Cek Sinyal Semua Operator di Daerah Kita


Pada bagian ini yang pertama ini kita tidak akan mengetahui jaringan terkuat di daerah kita. Tapi kita akan mengecek jaringan seluler yang tersedia di daerah tempat tinggal kita. Seperti pada paragraf pembuka di atas, kadang kita bertanya apakah lokasi kita ada jaringan XL, Indosat atau Kartu 3.

Langsung saja, berikut cara mengecek jaringan operator seluler yang tersedia di daerah
  1. Masuk ke Pengaturan hp android Samsung dan pilih Koneksi

  2. Pengaturan/Koneksi Jaringan Seluler
    Pengaturan/Koneksi
  3. Klik Jaringan Seluler

  4. Pengaturan/Koneksi/Jaringan Seluler
    Pengaturan/Koneksi/Jaringan Seluler
  5.  Pilih Operator Jaringan 

  6. Operator Jaringan Seluler
    Operator Jaringan Seluler
  7.  Klik Cari Jaringan (Biasanya settingan jaringan otomatis) 
  8. Cara Jaringan Seluler Manual
    Cari Jaringan Seluler Manual
  9. Berikut tampilan semua operator yang tersedia di daerah saya. 
  10. Semua Operator Seluler yang Tersedia
    Semua Operator Seluler yang Tersedia

Itulah cara cek operator seluler yang tersedia di kota atau lokasi tempat tinggal kita. Jadi, dengan demikian, kita jadi tahu kartu perdana apa yang sebaiknya kita beli. Jika setelah proses Cari Jaringan tidak tersedia Indosat, itu menandakan jaringan Indosat tidak tersedia di daerah itu. Begitu pun semua operator jaringan seluler di atas.

Cara Mengetahui Jaringan Tercepat di Daerah Kita


Pada bagian ini, kita sudah bisa mengetahui status kekuatan sinyal dengan cek sinyal terkuat di daerah melalui website Opensignal atau aplikasi Opensignal for mobile. Melalui aplikasi ini, kita bisa mengetahui beberapa operator seluler yang tersebar di sebagian besar daerah di Indonesia saat ini adalah Telkomsel, 3 Smartfren, Indosat, dan XL.

Untuk itu, berikut cara mengetahui jaringan yang bagus di daerah kita berdasarkan operator seluler yang digunakan.
  1. Masuk ke situs https://www.opensignal.com
  2. Geser ke bawah dan pilih "Coverage Maps"
  3. Masukkan alamat daerah yang akan dicek kualitas jaringannya.
  4. Pilih jaringan apa yang akan dicek
  5. Klik View Map dan pengecekan jaringan akan dilakukan
Namun pada tampilan situs Opensignal terbaru, saya sudah tidak melihat menu View Map untuk cek status jaringan terkuat via web. Yang ada hanya di aplikasi Opensignal yang bisa didownload melalui AppStore untuk pengguna Iphone dan Playstore untuk pengguna android.

Fungsi dari aplikasi Opensignal bukanlah seperti aplikasi mobile signal booster. Tapi berfungsi untuk mengukur seberapa kuat sinnyal 2G, 3G, dan 4G di suatu daerah lengkap dengan lokasi tower BTS tersebar.

Itulah cara cek sinyal semua operator di daerah kita. Semoga bermanfaat and have a nice browsing! Thank you!
Posting Komentar