Cara Mengatasi Unauthorized Changes Blocked (100% Solved)

"Cara Mengatasi Unauthorized Changes Blocked, Tidak bisa save Notepad karena You do not have permission to open this file. See the owner or the file or"

1 min read
Cara Mengatasi Unauthorized Changes Blocked - Hari ini saya akan berbagi tutorial cara mengatasi Notepad tidak bisa di-save karena masalah administrator access "You do not have permission to open this file. See the owner or the file or an administrator to obtain permission". Setiap mau save file selalu ada notifikasi untuk save as namun tetap tidak bisa disave. Setelah dicek lagi, ternyata ada notifikasi Unauthorized Changes Blocked dari Windows Defender Windows 10.

Cara Mengatasi Unauthorized Changes Blocked (100% Solved )
Cara Mengatasi Unauthorized Changes Blocked (100% Solved)

Pemberitahuan yang muncul tersebut dengan pesan Unauthorized Changes Blocked, Controlled Folder Access Blocked C:\Windows\...\Notepad.exe from making changes to the folder %desktopdirectory%\. ternyata penyebabnya adalah settingan pada Windows Defender.

Windows Defender adalah aplikasi antivirus bawaan pada Windows 10. Namun bukan berarti Windows 7 dan Windows 8 tidak bisa mengalami masalah Unauthorized Changes Blocked. Pesan lainnya yang bisa muncul adalah Controlled Folder Access Blocked C:\Windows\Explorer.exe from making changes to the folder %userprofiles\desktop, tergantung dimana kita menyimpan file pada drive C atau System.

Cara Mengatasi Unauthorized Changes Blocked


Bagaimana cara mengatasi Unauthorized Changes Blocked di Windows 10?
  1. Klik notifikasi Unauthorized Changes Blocked yang muncul
  2. Secara otomatis akan masuk ke Windows Defender Security Center
  3. Masuk ke Virus & Threat Protection
  4. Klik Virus & Threat Protection Settings
  5. Geser ke bawah di Controlled Folder Access
  6. Klik Manage Controlled Folder Access
  7. Di situ terlihat bahwa Controlled Folder Access: Protect files, folders, and memory areas on your device from unauthorized changes by unfriendly applications aktif atau ON. 
  8. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa langsung uncentang atau mengubah Controlled Folder Access menjadi OFF.
  9. Masalah selesai (Solved Unauthorized Changes Blocked 100% Success).
Masalah tidak bisa save file di Notepad karena "You do not have permission to open this file. See the owner or the file or an administrator to obtain permission" akan teratasi dengan langkah-langkah di atas, yaitu menonaktifkan Unauthorized Changes Bloked.

Sebenarnya fitur ini memiliki fungsi yang berguna untuk mencegah virus Ransomware. Namun fitur pada Windows Defender Windows 10 ini juga cenderung mengganggu jika tidak bisa mensave file seperti di Notepad. Intinya, nonaktifkan Unauthorized Changes Blocked aja di settingan Windows Defender.

Itulah cara mengatasi Unauthorized Changes Blocked di Windows 10 yang tidak bisa save Notepad. Semoga bermanfaat!
Posting Komentar