Penyebab dan Cara Mengatasi Error E03 Canon MP-287/MP258

"Penyebab error E03 Printer Canon MP287 dan cara mengatasi error E03 Canon MP287/MP258, cara memperbaiki printer Canon error"

2 min read
Error E03 Canon MP-287/MP258 - Bagi yang sudah lama memiliki printer, pasti tidak asing lagi dengan printer error. Setiap kode error printer menunjukkan jenis masalah dan kerusakan yang terjadi pada printer tersebut. Pada kesempatan ini, kita akan mencoba memperbaiki printer error E03 Canon MP-287/MP258.

Penyebab dan Cara Mengatasi Error E03 Canon MP-287/MP258
Penyebab dan Cara Mengatasi Error E03 Canon MP-287/MP258

Apa sih penyebab error E03 Canon MP287/MP258? Hari ini kita akan mencoba mengulas penyebab dan cara memperbaiki error E03 printer Canon ini.

Penyebab Error E03 Printer Canon MP287/MP258


Printer yang memberikan peringatan melalui kode-kode error sudah pasti tidak bisa digunakan untuk mencetak. Bagi yang tidak suka otak-atik printer atau banyak duit, pasti akan langsung ke tukang service printer atau menjual printer error dan beli yang baru.

Tapi ada juga yang mencoba mencari tahu permasalah error pada printer dan mencoba memperbaikinya. Seperti Anda yang sedang mengikuti tutorial ini.

Berdasarkan pengalaman memperbaiki printer, kode error E03 Canon MP287/MP258 disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:
  1. Ada benda asing yang menghalangi kerja printer. Biasanya ada kertas yang macet atau sobek yang membuat printer tidak bisa mencetak.
  2. Sensor kertas bermasalah dan sudah tidak berfungsi dengan baik.
  3. Karet roller yang sudah menipis dan tidak dapat menarik kertas lagi.

Cara Mengatasi Error E03 Canon MP287/MP258


Setelah tahu penyebabnya, berikut cara mengatasi error E03 MP287/MP258.

Pertama-tama, carilah benda asing yang tersangkut di dalam printer. Benda asing tersebut bisa seperti kertas yang sobek yang membuat roller printer tidak dapat bergerak.

Kalau sudah tidak ada benda asing yang tersangkut di dalam printer, coba tutup kembali printer dan lihat apakah error E03 sudah tidak ada.

Kalau sudah normal dan error E03 sudah tidak ada dan printer sudah bisa mencetak, maka masalah ini disebabkan oleh benda asing yang tersangkut di dalam printer.

Namun jika error masih terjadi, cara kedua untuk mengatasi error E03 Canon MP287/MP258 adalah dengan mengecek sensor kertas. Bisa jadi error E03 juga disebabkan oleh masalah pada sensor kertas.

Untuk mengatasi masalah ini, kita dapat mengganti sensor printer dengan yang baru. Namun jika Anda tidak memiliki keahlian dalam hal ini, sebaiknya Anda bawa ke service terdekat saja. Mungkin mereka memiliki solusi lain untuk mengatasi error E03 ini. Sekalian beli alatnya di tempat service agar sepaket.

Kesimpulan Cara Mengatasi Error E03 Printer Canon MP287/MP258


Umumnya, penyebab error E03 ini karena adanya sisa kertas yang tersangkut di dalam printer yang membuat roller printer tidak dapat bergerak.

Karena itu, untuk mengatasinya, kita harus membuang benda tersebut dan membersihkan printer. Dalam pernah juga suatu kali, saya menemukan kode error E03 ini. Tapi saya tidak melakukan apapun kecuali masuk ke mode save mode.

Setelah saya aktifkan kembali, printer sudah normal namun ada masalah baru, yaitu error P07. Namun ini juga berhasil diatasi sendiri dengan mereset printer menggunakan software Service Tool di Windows.

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi error E03 Canon MP287/MP258. Semoga berhasil!
Posting Komentar