Langkah Awal Menjadi Hacker Hebat dan Profesional

"Silahkan kunjungi postingan Langkah Awal Menjadi Hacker Hebat dan Profesional untuk membaca artikel selengkapnya dengan klik link di atas."

4 min read
Langkah Awal Menjadi Hacker Hebat dan Profesional - Kata "hacker" bagi sebagian orang adalah hal yang menakutkan. Bagi sebagian lainnya, hacker adalah hal yang keren dan "cool". Definisi umum dari hacker adalah orang yang ahli di bidang komputer. Ya, benar AHLI. Tapi bukan sembarang ahli sih, lebih pada benar-benar ahli di bidangnya.

Langkah Awal Menjadi Hacker Hebat dan Profesional
Langkah Awal Menjadi Hacker Hebat dan Profesional

Pertanyaan yang paling sering muncul bagi pemula adalah bagaimana menjadi hacker? Apa langkah awal dan paling pertama untuk belajar menjadi hacker? Di sini kamu juga tahu tentang adakah cara menjadi hacker hanya lewat hp android.

Jika kamu memutuskan untuk mengenal tentang dunia hacker, ada baiknya kamu belajar dari hal-hal yang dasar dulu. Saat ini saya pun bukan hacker tapi tertarik dengan berita dunia retas meretas.

Langkah Awal Menjadi Hacker untuk Pemula


Untuk kamu yang mau menjadi hacker, ada beberapa hal yang wajib kamu pahami antara lain:

Tujuan kamu menjadi hacker?

Apa sih tujuan kamu mau menjadi hacker?


Mungkin mau menjadi peretas yang membobol server atau pun lainnya. Atau hanya ingin terkenal dengan langkah cepat menggunakan tools hacking yang banyak bertebaran di Google dan menjadi script kiddie or lammer.

Kamu sebaiknya menentukan tujuan kamu menjadi hacker. Karena itu sangat penting untuk mencari materi pelajaran yang cocok.

Asal jangan sampai kamu menjadi hacker untuk terkenal. Bisa jadi kamu malah berakhir di penjara karena meninggalkan jejak setelah deface website pemerintah.

Jenis hacker seperti apa yang kamu inginkan?


Apakah kamu mau menjadi black hat hacker? White hat hacker?

Sebaiknya kamu menjadi white hat hacker dan jangan berpikir untuk menjadi black hat hacker. Karena black hat hacker bisa dikatakan adalah hacker yang "jahat" dan tidak sedikit yang berurusan dengan pihak berwajib.

Tapi semua itu tergantung pilihanmu. Kamu yang lakukan kamu yang bertanggung jawab. Intinya, saat ini kamu hanya perlu mengenal lebih dalam dunia komputer dan menjadi hacker.

Tapi kalau kamu tertarik jadi hacker, terutama black hat hacker (lebih baik white hat hacker), maka harus punya keahlian utama, yaitu bersembunyi, menyamar dan pergi tanpa meninggalkan jejak.

Selengkapnya Cara menyembunyikan IP Address

Apa yang wajib untuk menjadi seorang hacker?


Ada banyak tutorial menjadi hacker di luar sana yang mengatakan bahwa kamu harus ahli jaringan, ahli Linux, programming, dan lain sebagainya.

Bagi pemula, pengetahuan tentang itu cukup menakutkan dan menjadi sebuah batu sandungan karena mereka akan berpikir menjadi hacker adalah hal yang sulit.

Menjadi hacker harus realistis. Mulai dari yang paling dasar dan cocok untukmu.

Saya menyarankan kamu untuk belajar programming terlebih dahulu. Mulai dari HTML aja dulu. Karena itu adalah salah satu dasar yang wajib dipahami oleh seorang hacker, terutama yang tertarik dengan website.

Dulu saya tertarik menjadi hacker ketika SMP. Tapi karena tidak fokus, ya begini-begini aja sekarang. Hanya tahu HTML dan CSS.

Saat saya belajar PHP dan MySQL, saat itulah saya tertarik belajar hacker kembali. Tanpa sengaja saya melihat di PHP dan MySQL sepertinya ada celah dari keamanan web server. Jadi saya belajar banyak hal dari sana. Mulai dari SQL Injection, Cross Site Scripting (XSS) dan lain sebagainya.

Menjadi hacker berarti kamu juga harus mampu melihat dan berpikir "out of the box". Belajar algoritma dan cara kerja sistem juga akan sangat membantumu menjadi hacker hebat.

Apakah hacker wajib install Linux?


Menurut saya sangat wajib kamu install Linux, terutama Kali Linux jika ingin menjadi hacker. Tentu saja kamu butuh laptop untuk itu.

Adakah cara menjadi hacker melalui hp android?


Kabar baiknya ada. Kamu bisa mulai belajar menjadi hacker hanya dengan hp android.

Bukan hanya baca artikel tentang hacker lho, tapi kamu juga bisa langsung praktik menjadi hacker.

Perlu diketahui bahwa Linux adalah hal wajib bagi hacker. Dana android yang kamu pegang saat ini juga adalah termasuk dari Linux.

Dengan androidmu, kamu bisa menginstall Termux dan belajar tentang hacking.

Mulai dari hack fb, ig, dan akun COC menggunakan phising, hack wifi tetangga sampai cek kelemahan website dengan menggunakan tools yang dapat dijalankan di android Termux.

Bahkan dengan android dan Termux, kamu bisa membuat bom pesan, panggilan palsu, bom pesan WhatsApp dan lain-lain. Ternyata menjadi hacker di android itu mungkin dan sangat mungkin.

Awalnya saya pikir menjadi hacker itu wajib di laptop dan pakai sistem operasi Backtrack atau versi terbarunya Kali Linux. Tapi ternyata, smartphohne android juga bisa menjadikanmu hacker. Tentu saja awalnya kamu harus belajar dari tools yang ada untuk membuat programmu sendiri.

Tapi perlu diingat bahwa itu masih dasarnya saja. Semakin kamu tahu semakin kamu sadar bahwa pengetahuanmu masih sangat minim. Karena itu, teruslah belajar dan membaca. Itu tugas sebagai pemula. Dan tentu saja, praktik langsung juga lebih baik dan membuat prosesnya lebih cepat.

Jadi intinya?
  1. Belajar HTML. Setelah itu PHP dan MySQL jika kamu mau tahu sedikit lebih dalam tentang web server.
  2. Belajar Linux, bisa dimulai dari Termux android.
  3. Belajar dan belajar yang banyak lagi tak terkecuali bahasa Inggris. Banyak tutorial dalam bahasa Inggris yang bagus untukmu dan kenyataan bahwa perintah di terminal Linux juga menggunakan bahasa Inggris.
  4. Pastikan juga kamu memiliki kuota internet, terutama saat menggunakan Kali Linux atau Termux di android.
Karena pada dasarnya, Kali Linux adalah sistem operasi yang dikhususkan untuk pentest mengetes keamanan suatu sistem. Mau tidak mau kita harus konek ke internet.

Tidak ada cara cepat dan instan menjadi hacker. Mungkin kamu bisa meretas dan mengetahui password Facebook teman kamu dengan tools yang ada. Tapi tentu saja malu untuk mengaku sebagai hacker hanya dengan kemampuan tersebut.

Mari sama-sama belajar. Di sini saya hanya menulis apa yang saya ketahui dan pelajari. CMIIW. Saya terima setiap masukan. Selain itu, dengan mencatat, saya bisa lebih mudah mengingat semuanya.

Maaf kalau artikelnya gak terstruktur karena ini sudah malam dan ada panggilan mendadak. Tapi ketahuilah bahwa hacker hebat dan pro juga belajar dari hal-hal yang sulit dipahami sebelumnya.

Lihat juga Cara Mengatasi Windows Cannot Be Installed To This Disk

Demikianlah langkah awal dan cara menjadi hacker untuk pemula. Semoga bermanfaat!
Posting Komentar