3 Ikan Komsumsi Paling Laris di Indonesia

"Silahkan kunjungi postingan 3 Ikan Komsumsi Paling Laris di Indonesia untuk membaca artikel selengkapnya dengan klik link di atas."

3 min read
3 Ikan Komsumsi Paling Laris di Indonesia - Mengapa sih, mencari ikan komsumsi yang paling laris? Saya seorang peternak ikan air tawar yang sedang mencari ikan termahal dan laris di pasaran dan mudah diternak. Tujuannya? Untuk mendapatkan penghasilan yang menguntungkan.

ternak ikan yang paling menguntungkan
Ikan komsumsi terlaris - agrowindo.com

Dari beberapa jenis ikan air tawar untuk komsumsi di Indonesia terdapat beberapa jenis ikan yang laris di dipasaran jika dibandingkan dengan jenis ikan air tawar komsumsi lainnya.

Melihat dari nilai jualnya jenis ikan air tawar ini memang di atas rata-rata dan hasilnya bisa dipastikan hasil penjualannya akan selalu menguntungkan sampai penghujung tahun 2018 ini. Permintaan pasar untuk jenis ikan tawar yang laris dipasaran ini belum dapat terpenuhi oleh stokis ikan, secara khusus di tempat tinggal saya.

Jenis ikan air tawar yang laris dipasaran


Berikut beberapa jenis ikan air tawar untuk komsumsi yang populer diternak di kalangan masyarakat.

3. Ikan Mas


Di urutan ketiga untuk kategori ikan air tawar yang laris dipasaran jatuh kepada ikan mas untuk komsumsi. Jenis ikan air tawar ini memang sangat nikmat dan guri dan memiliki cita rasa yang enak jika dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya.

Di desa tempat tinggal penulis, peluang pemasaran ikan mas masih sangat tinggi karena para peternak tidak banyak yang memelihara jenis ikan air tawar yang satu ini. Ikan mas sampai saat ini masih laris manis dipasaran dengan bukti penjualan di pasar konvensional yang selalu habis.

Harga ikan mas per kilogramnya berbeda-beda di setiap daerah. Begitu pun dengan laris manisnya di pasaran karena penulis hanya melihat ini dari daerah penulis dan beberapa pendapat dari peternak ikan di forum-forum online.

2. Ikan Lele


Jenis ikan air tawar yang satu ini sudah terkenal dihampir seluruh wilayah Indonesia. Tidak hanya di desa, di kota pun sudah banyak yang membudidayakan ikan lele ini. Permintaan pasar terhadap ikan lele memang tidak perlu diragukan lagi.

Target pasar yang jelas serta cara pemeliharaannya menjadikan ikan lele sebagai salah satu jenis ikan dengan budidaya terbanyak di Indonesia. Permintaan pasar terhadap ikan lele memang selalu tinggi dari tahun ke tahunnya. Ikan lele merupakan ikan yang paling banyak di pelihara di daerah sekitar tempat tinggal penulis, dimana satu peternak biasanya memelihara ribuan sampai puluhan ribu ikan lele untuk dibudidayakan.

Tidak salah memang kalau para pembudidaya ikan lele optimis dengan penjualannya. Dari beberapa kota besar di Indonesia, warung, olahan ikan lele, dan restoran, dapat ditemui dimana saja. Bahkan untuk olahan seperti abon ikan lele sudah dipasarkan antar provinsi Indonesia.

1. Ikan Nila


Di urutan pertama jatuh kepada ikan nila sebagai ikan paling ramah dan laris manis di pasaran. Permintaan pasar terhadap ikan nila memang selalu tinggi. Hal ini karena rasa dan dagingnya memang sangat nikmat dan gurih, tergantung olahan dan masakannya. Daging yang lembut juga merupakan salah satu penyebab tingginya permintaan pasar terhadap ikan nila ini, selain karena harganya juga yang lebih murah jika dibandingkan 2 jenis ikan sebelumnya.

Dari segi pemeliharaannya, ikan nila merupakan jenis ikan air tawar untuk komsumsi yang sangat ramah untuk diternak. Ikan nila berkembangbiak dengan sangat cepat dan memiliki beberapa pakan alternatif terutama diwilayah pedesaan sehingga budidaya ikan nila tidak membutuhkan modal yang besar layaknya kedua jenis ikan di atas.

Bagaimana dengan di daerah anda? 

Apakah sama dengan di daerah penulis? 

Itulah daftar jenis ikan air tawar yang laris di pasaran versi penulis dilihat dari tempat tinggal penulis Sulawesi Selatan. Data-data ini mungkin saja berbeda dari daerah lainnya bahkan di Sulawesi Selatan sendiri karena penulis belum melakukan survei secara keseluruhan.

Demikianlah tulisan tentang jenis ikan tawar untuk komsumsi yang laris dipasaran semoga dapat menjadi motivasi dan tolak ukur sekaligus referensi anda sebelum memulai budidaya ikan air tawar untuk komsumsi. 
Posting Komentar