Teknik Fingerstyle Gitar Untuk Bermain Melodi Gitar

"belajar teknik dasar bermain gitar melodi dan fingerstyle khusus pemula"

12 min read
Belajar fingerstyle gitar itu memang tidak semudah yang dibayangkan. Butuh latihan dari yang paling dasar sampai bisa menguasai permainan gitar fingerstyle yang sering disebut teknik dewa ini. Tapi jika Sung Ha Jung dan Andi Mckee bisa, pasti kamu juga bisa. Asal mau belajar aja.

Teknik Fingerstyle Gitar Untuk Bermain Melodi Gitar
Teknik Fingerstyle Gitar Untuk Bermain Melodi Gitar  - tutrialgitarq.blogspot.com

Hari ini saya akan berbagi teknik fingerstyle untuk bermain melodi gitar. Belajar secara otodidak memang tidak semudah itu. Tapi di era teknologi saat ini, kita tidak perlu khawatir untuk belajar banyak hal. Termasuk belajar gitar, kita dapat dengan mudah menemukan ratusan materi untuk belajar gitar dari dasar sampai mahir secara gratis melalui blog dan youtube.

Cara membaca Tabulator gitar paling dasar


Mengapa kita diwajibkan untuk dapat membaca TAB gitar? Dengan belajar membaca TAB, kita jadi mudah mengetahui memainkan suatu partitur musik maupun teknik gitar seperti pada materi hari ini.

1. Senar gitar

teknik belajar melodi gitar dasar untuk pemula
Teknik bermain gitar fingerstyle dan melodi - Wikihow.com

Pada tabulator gitar, senar ditunjukkan secara langsung, yaitu E A D G B E atau senar 6 5 4 3 2 1, dan secara umum tab gitar tersusun sesuai dengan posisi gitar, senar 6 ke senar 1 dari atas ke bawah.

Untuk lebih memahami tentang nada pada setiap senar gitar, bisa mulai belajar tentang materi nada dasar gitar.

2. Tab gitar chord dan tab gitar melodi


Salah satu yang terpenting dalam membaca tab gitar adalah membedakan antara tab chord dan tab gitar melodi. Tab gitar yang menunjukkan bentuk chord disusun dengan cara sejajar secara vertikal dimainkan secara bersamaan dan tab gitar melodi disusun secara horizontal yang dimainkan nada per nadanya pada fret gitar sesuai dengan petunjuk tabulator.

- Gambar Tab Gitar Chord 

teknik belajar melodi gitar
Sumber : gpangky.xyz

- Gambar Tab Gitar Melodi

belajar teknik gitar fingerstyle
Sumber : gpangky.xyz

Teknik-teknik Bermain Gitar Melodi


Langsung saja, berikut beberapa teknik dalam bermain gitar melodi atau gitar solo sebagai langkah awal dalam bermain gitar fingerstyle.

1. Teknik Gitar Slide


Slide adalah teknik membunyikan 2 nada atau beberapa nada dalam satu kali petikan dengan cara menggeser jari dari nada pertama ke nada berikutnya tanpa mengangkat jari atau dengan kata lain jari tetap menempel pada senar dan fret gitar saat berganti nada.

teknik belajar melodi gitar dasar
Teknik gitar melodi darurattutrialgitarq.blogspot.com

Cara melakukan teknik slide berdasarkan Tab gitar di atas:
  1. Letakkan jari manis di senar 1 = E pada fret ke 7
  2. Petik senar 1 dan geser jari manis ke arah depan tanpa mengangkat jari menuju ke senar 5
  3. Letakkan jari tengah di  senar 2 = B pada fret ke 5
  4. Petik senar 2 dan geser jari tengah ke arah belakang menuju fret ke 7.

2. Teknik Gitar Hammer on


Sesuai dengan namanya, hammer atau palu merupakan teknik membunyikan 2 atau lebih nada dalam sekali petikan dengan cara memukulkan jari yang lain pada nada di depan nada pertama dengan cepat sebelum bunyi nada berhenti.

teknik belajar melodi gitar dasar untuk pemula
Teknik gi tar melodi -tutrialgitarq.blogspot.com

Cara melakukan teknik hammer on tab gitar di atas:
  1. Petik senar 1 fret 0 dan pukulkan jari manis ke fret 3 dengan cepat
  2. Petik senar 1 fret 0 dan pukulkan jari ke fret 3 dan fret 5 secara berturut-turut.

3. Gitar Melodi Pull of


Pull of merupakan kebalikan dari teknik hammer on. Teknik pull of dilakukan dengan cara mengangkat jari pada nada pertama untuk membunyikan nada kedua dibelakang nada pertama.

teknik belajar melodi gitar gratis
Tutorial dasar melodii - tutrialgitarq.blogspot.com

Cara melakukan teknik pull of berdasarkan tab gitar di atas:
  1. Letakkan jari manis di fret 5 dan fret 7
  2. Petik senar 1 dan lepas tekanan jari di fret 5 sehingga bunyi nada kedua berada pada fret 7

4. Teknik Bending


Teknik bending adalah teknik untuk membunyikan nada yang lebih tinggi dari nada asli pada fret gitar yang sama dengan cara mendorong senar ke arah atas. Umumnya teknik ini dilakukan menggunakan senar bass pada gitar.

teknik belajar melodi gitar bending
 Dasar bermainn gitar melodi untuk pemua - tutrialgitarq.blogspot.com

5. Release


Teknik release adalah kebalikan dari teknik bending. Teknik release adalah teknik mengembalikan nada hasil bending ke nada asli (pertama) sama seperti pada saat pre-bending atau sebelum melakukan bending.

6. Vibrato


Teknik vibrato adalah kombinasi dari teknik bending dan teknik release. Sesuai dengan namanya, teknik vibrato adalah teknik menggetarkan bunyi nada dengan cara mendorong senar gitar ke arah atas dan bawah secara bergantian pada fret yang sama dalam waktu yang disesuaikan waktu tertentu sesuai lagu dengan tujuan menghasilkan nada yang menyerupai vibra (Getaran) pada teknik vokal.

teknik belajar melodi gitar vibrato
Teknik gitar tutrialgitarq.blogspot.com

7. Fretting note


Fretting note atau me-mute senar gitar adalah salah satu teknik yang sering digunakan pada permainan menggenjreng gitar. Teknik ini digunakan untuk improvisasi tangan kanan untuk menggenjreng gitar.

8. Holding a pick


teknik belajar melodi gitar dasar khusus pemula
Tips belajar gitar melodi otodidak - gpangky.xyz

Holding Pick adalah teknik memegang pick gitar dengan benar. Ternyata memegang dan menggunakan pick gitar tidak semudah yang dibayangkan. Dalam hal ini, memegang pick gitar yang baik dan benar adalah dengan tanpa mencubitnya. Gambar di atas memperlihatkan cara memegang pick gitar yang benar.

Teknik memegang pick ini sebaiknya dilakukan dengan kenyamanan setiap gitaris. Namun tetap saja, jika salah dalam memegang pick gitar maka dapat membuat tangan pegal dan cepat lelah dan cengkraman pick juga mudah terputar jika posisi memegang pick gitar kurang tepat.

9. Tapping


Untuk teknik Tapping sendiri bisa dikatakan teknik dewa yang cukup sulit dikuasai. Untuk yang ingin belajar teknik tapping pada gitar, bisa langsung cari videonya di Youtube saja.

10. Slap


Teknik slap akan menghasilkan bunyi yang unik seperti pada drum. Teknik fingerstyle yang sering digunakan ini memukul senar gitar tali 6 untuk menghasilkan bunyi. Seperti pada lagu Love Yourself by Justin Bieber.

11. Harmonik


Teknik harmonik terdiri dari beberapa variasi. Untuk belajar harmonik gitar, silahkan cari di situs lain atau tempat lain dulu karena belum tersedia di blog ini.

Tiga teknik terakhir yang dijelaskan di atas merupakan teknik gitar fingerstyle yang termasuk tingkat tinggi dan sulit untuk dijelaskan jika tanpa memegang gitar langsung. Kamu dapat mencarinya di youtube agar lebih mudah diterapkan.

Teknik-teknik di atas merupakan teknik yang wajib anda kuasai jika ingin menghasilkan permainan gitar yang lebih menakjubkan dan memukau. Sangat mungkin bagi anda untuk menciptakan teknik bermain melodi gitar sendiri.

Penting untuk diingat bahwa teknik-teknik gitar yang anda gunakan dan sisipkan pada ketukan tertentu harus dapat menyampaikan makna lagu yang anda mainkan.

Dengan belajar gitar melodi ini dan teknik dasar fingerstyle, kemampuan bermain gitar Anda akan semakin bertambah.


Demikianlah artikel tentang teknik-teknik fingerstyle dasar. Terima kasih dan semoga semakin semangat belajar gitar.
Posting Komentar