Cara Dapat Token Listrik Prabayar Gratis PLN 3 Bulan

"Silahkan kunjungi postingan Cara Dapat Token Listrik Prabayar Gratis PLN 3 Bulan untuk membaca artikel selengkapnya dengan klik link di atas."

2 min read
Cara Dapat Token Listrik Prabayar Gratis PLN 3 Bulan - Kabar baik datang dari PLN di tengah pandemi Covid-19 atau virus Corona ini. Pemerintah melalui BUMN PT PLN (Persero) memberikan listrik gratis dan diskon kepada pelanggan prabayar dan pascabayar selama 3 bulan penuh, terhitung sejak April, Mei sampai Juni.

Cara Dapat Token Listrik Prabayar Gratis PLN 3 Bulan
Cara Dapat Token Listrik Prabayar Gratis PLN 3 Bulan

Jika selama ini pelanggan harus membeli voucher untuk mengisi pulsa listrik, maka 3 bulan ke depan akan digratiskan. Bagi pelanggan listrik pascabayar tidak perlu melakukan apa-apa karena akan secara otomatis berlaku.

Sementara untuk pengguna listrik prabayar, ada sedikit langkah-langkah untuk mendapatkan token listrik PLN gratis ini. Selengkapnya, baca sampai habis.

Cara Gratis PLN Pascabayar Selama 3 Bulan


Bagi pengguna listrik pascabayar atau non pulsa, peraturan gratis dan diskon listrik PLN ini berlangsung secara otomatis.

Pemerintah akan menggratiskan tagihan atau memberi diskon langsung secara otomatis sehingga tidak ada tagihan di akhir bulan seperti biasanya.

Namun perlu diketahui bahwa listrik gratis ini hanya untuk pengguna listrik PLN bersubsidi.

Cara Dapat Token Listrik Prabayar Gratis PLN 3 Bulan


Berbeda dengan listrik pascabayar, bagi pengguna listrik prabayar yang ingin mendapatkan token gratis dari PLN, harus menghubungi PLN via WA atau melalui website resmi PLN.

Adapun jumlah KWH yang diperoleh didasarkan pada pemakaian tertinggi selama 3 bulan terakhir, yakni December 2019 - Februari 2020.

Perlu diketahui juga bahwa program listrik gratis PLN selama tiga bulan ini untuk 24 juta pelanggan rumah tangga 450 VA dan 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi.

Karena itu, proses untuk mendapatkan token listrik prabayar ini dilakukan secara bertahap paling lambat sampai 11 April 2020.

Cara dapat token listrik gratis prabayar melalui WhatsApp

  1. Catat nomor ID Pelanggan kamu.
  2. Kirim nomor ID Pelanggan ke WhatsApp 08122-123-123.
  3. Token gratis yang berisi voucher pulsa akan muncul.
  4. Lakukan pengisian token pada meteran seperti biasanya.
Khusus untuk WhatsApp, baru dapat diakses pada tanggal 6 April 2020.

Cara dapat token listrik gratis PLN prabayar

  1. Kunjungi https://layanan.pln.co.id/
  2. Klik Gratis/Diskon Stimulus PSBB
  3. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter
  4. Klik tombol cari
  5. Token gratis yang muncul siap digunakan
  6. Ketikkan token tersebut di meteran listrik rumah Anda.
Jika web PLN susah dikunjungi, silahkan ulangi (reload) karena banyaknya pengunjung web yang menyebabkan server jadi lambat.

Syarat Dapat Token Listrik Prabayar Gratis dari PLN


Ketika kamu melakukan langkah-langkah di atas, namun yang muncul adalah pesan:

Mohon maaf token kompensasi saat ini hanya diberikan kepada pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi (sesuai basis data terpadu TNP2K)

maka kamu ID Pelanggan kamu tidak masuk dalam syarat penerima listrik gratis dari PLN. Hal ini dikarenakan PLN hanya menggratiskan listrik prabayar dan pascabayar bersubsidi. Sementara non subsidi belum masuk kategori.

Info Listrik Gratis PLN:

  • R1 dan R1T 450 VA gratis
  • R1 dan R1T 900 VA diskon 
  • R1M dan R1MT 900 VA tidak dapat diskon

Keterangan Kode:

  • VA = Volt Ampere
  • R = Rumah Tangga
  • T = Token
  • M = Mampu (Tidak Bersubsidi)
Intinya, untuk yang 450 VA akan digratiskan full sementara untuk 900 VA akan dapat diskon gratis 50 persen khusus yang bersubsidi.

Demikianlah cara dapat token listrik gratis dari PLN untuk listrik prabayar dan diskon pascabayar selama 3 bulan ke depan. Semoga bermanfaat!
Posting Komentar