Cara Daftar Kartu Prakerja Agar Diterima (Gelombang Keempat)

"Silahkan kunjungi postingan Cara Daftar Kartu Prakerja Agar Diterima (Gelombang Keempat) untuk membaca artikel selengkapnya dengan klik link di atas."

5 min read
Cara Daftar Kartu Prakerja Agar Diterima (Gelombang Keempat) - Dalam kampanye Pilpres 2019 yang lalu, Joko Widodo memiliki beberapa kartu untuk dikampanyekan. Salah satu kartu yang dijanjikan adalah Kartu Prakerja yang saat ini tengah direalisasikan dan prosesnya sedang berlangsung.

Cara Daftar Kartu Prakerja Agar Diterima (Gelombang Keempat)
Cara Daftar Kartu Prakerja Agar Diterima (Gelombang Keempat)

Sejak pertama diumumkan terbukanya gelombang pertama Kartu Prakerja sampai hari ini (5 Mei 2020), telah memasuki gelombang keempat pendaftaran Kartu Prakerja, masih banyak yang belum berhasil diterima Kartu Prakerja. Salah satu penyebabnya adalah kuota peserta yang mendaftar memang sangat besar di setiap gelombangnya.

Sebagai salah satu yang berhasil diterima Kartu Prakerja pada gelombang kedua, hari ini saya ingin berbagi tips cara daftar agar diterima Kartu Prakerja.

Apa itu Kartu Prakerja?


Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indoensia usia 18 tahun ke atas yang ingin meningkatkan skillnya.

Tujuan Kartu Prakerja adalah untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja.

Siapa yang bisa mendaftar Kartu Prakerja?


Siapapun yang termasuk WNI usia 18 tahun ke atas yang tidak sedang bersekolah/kuliah. Awalnya, Program Kartu Prakerja di prioritaskan untuk pengangguran muda dan juga untuk anak SMA yang baru lulus sekolah.

Jadi, bukan hanya pengangguran yang boleh daftar Kartu Prakerja. Orang yang sudah bekerja, karyawan dan korban PHK juga boleh mendaftar Program Kartu Prakerja.

Namun sebagai respon dalam menghadapi pandemi Covid-19, Program Kartu Prakerja juga diprioritaskan bagi pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak.

Manfaat Kartu Prakerja


Berikut ini beberapa manfaat dan keuntungan dari Program Kartu Prakerja.
  1. Peserta mendapatkan biaya pelatihan untuk meningkatkan skill kompetensi sebesar Rp1.000.000 yang bisa digunakan untuk membeli Program skill yang telah disediakan oleh lembaga yang bekerjasama dengan Pemerintah.
  2. Peserta akan mendapatkan insentif setelah mengikuti pelatihan sebesar Rp600.000 setiap bulan selama 4 bulan (totalnya Rp2.400.000).
  3. Peserta mendapatkan Rp50.000 jika mengikuti survei evaluasi (terdapat 3 kali survei sehingga totalnya Rp150.000).
  4. Program pelatihan bermanfaat untuk meningkatkan skill kompetensi sesuai dengan Program pelatihan yang diikuti.
  5. Bagi peserta sebagai karyawan yang dirumahkan (PHK) atau pelaku usaha mikro dan kecil terdampak Covid-19 akan sangat bermanfaat.
  6. Bagi mereka yang baru lulus sekolah dan sedang mencari kerja, Program Kartu Prakerja dapat meningkatkan kemampuan skill kompetensi dengan mengikuti pelatihan dengan baik.

Cara Daftar Kartu Prakerja Agar Diterima


Berikut ini cara daftar Kartu Prakerja agar diterima dari gelombang 1 sampai gelombang 4.
  1. Kunjungi website resmi Prakerja di sini

  2. verifikasi KTP Kartu Prakerja
    Verifikasi KTP - prakerja.go.id/

  3. Verifikasi KTP dengan Nomor KTP dan Tanggal Lahir

  4. Lengkapi Data Diri Kartu Prakerja - prakerja.go.id/
    Lengkapi Data Diri Kartu Prakerja - prakerja.go.id/

  5. Lengkapi data diri dan unggah foto KTP lengkap dengan foto selfie memegang KTP.
  6. Verifikasikan nomor hp kemudian klik Kirim.
  7. Masukkan kode OTP yang diterima via SMS kemudian klik Verifikasi.
  8. Isi pertanyaan dengan baik dan benar agar diterima Kartu Prakerja.
  9. Setelah proses pendaftaran selesai, kamu wajib melakukan tes Motivasi dan Kemampuan Dasar yang berisi 19 soal dengan durasi pengerjaan 25 menit.

  10. Tes Motivasi Dan Kemampuan Dasar Kartu Prakerja - prakerja.go.id/
    Tes Motivasi Dan Kemampuan Dasar Kartu Prakerja - prakerja.go.id/

  11. Baca dan pahami petunjuk soal kemudian klik Mulai Tes Sekarang.
  12. Pastikan bersiap dengan soal-soal Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar karena hasilnya akan dievaluasi.
Setelah proses pendaftaran selesai, tunggu sampai pengumuman gelombang yang kamu ikuti. Jika diterima Kartu Prakerja, kamu akan melihat Selamat Datang di halaman dashboard.

Sebaliknya, jika kamu tidak lolos maka ada notifikasi tidak lolos pada dashboard akun kamu.

Seleksi di setiap gelombang sangat mempengaruhi diterima atau tidak Kartu Prakerja. Jika ditolak, kamu dapat mengikuti seleksi di periode gelombang sebelumnya tanpa perlu memasukkan data untuk mendaftar ulang. Cukup memilih gelombang berikutnya.

Dari beberapa kasus, jika kamu ditolak di gelombang pertama, maka besar kemungkinan gelombang berikutnya kamu akan diterima.

FYI, ternyata Program Kartu Prakerja menjadi polemik dan menuai banyak pro dan kontra. Apakah kamu setuju atau tidak?

Tips dan Trik Diterima Kartu Prakerja


Sejak gelombang pertama sampai hari ini gelombang keempat Kartu Prakerja (5 Mei 2020), begitu banyak peserta yang ikut diseleksi sehingga sampai akhir 2020 diperkirakan akan ada 30 gelombang.

Pemerintah akan menjaring sebanyak 200.000 peserta pada gelombang keempat pendaftaran Kartu Prakerja. Cara pendaftarannya seperti di atas.

Agar lebih mudah diterima Kartu Prakerja, pastikan kamu melengkapi data diri dengan baik dan jelas serta mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar dengan benar.

Berikut ini tips dan trik lolos seleksi tes dan pendaftaran Program Kartu Prakerja.
  1. Pastikan kamu mengisi data diri dengan tepat dan benar, termasuk foto KTP dan selfie dengan KTP yang jelas dan tidak buram.
  2. Ikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar dengan tepat dan benar.
  3. Setiap seleksi gelombang mempunyai periode tertentu dan kuota, karena itu, jangan kecewa jika ditolak pendaftaran gelombang pertama.
Setelah diterima, pastikan kamu langsung manfaatkan pelatihan agar kartu kamu tidak hangus dengan memilih kursus yang bekerja sama dengan Pemerintah.

Berikut ini 8 platform online yang menyediakan kursus dan pelatihan online di Program Kartu Prakerja.
  1. Tokopedia,
  2. Skill Academy by Ruang Guru,
  3. Mau Belajar Apa,
  4. Bukalapak,
  5. Pintaria,
  6. Sekolahmu,
  7. Pijar Mahir, dan
  8. Kementerian Tenaga Kerja Kemnaker.go.id.
Pilih pelatihan yang sesuai dengan kebutuhanmu, yang bisa berguna dalam meningkatkan kemampuanmu.

Bagi kamu yang sudah mendaftar Kartu Prakerja dan diterima, berikut ini kunci jawaban Kartu Prakerja dan pengalaman mengikuti tes pelatihan online di Skill Academy.

Demikianlah cara daftar Kartu Prakerja agar diterima (gelombang keempat). Semoga bermanfaat!
Posting Komentar