Pengertian Jaringan Peer To Peer (P2P)

"Silahkan kunjungi postingan Pengertian Jaringan Peer To Peer (P2P) untuk membaca artikel selengkapnya dengan klik link di atas."

2 min read
Pengertian Jaringan Peer To Peer (P2P) - Selain jaringan komputer client server, kita juga mengenal jaringan peer to peer. Pada dasarnya, client server adalah jaringan komputer yang di dalamnya terdapat komputer sebagai server, sedangkan pada peer to peer, setiap komputer atau station dapat berfungsi sebagai client dan server secara bersamaan.

Pengertian Jaringan Peer To Peer (P2P)
Pengertian Jaringan Peer To Peer (P2P)

Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas pengertian jaringan peer to peer lengkap dengan kelebihan dan kekurangan jaringan peer to peer serta gambar topologi jaringan peer to peer.

Pengertian Jaringan Peer To Peer


Apa itu jaringan peer to peer?

Jaringan peer to peer adalah salah satu model jaringan komputer yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung dimana di dalamnya setiap komputer dapat bertindak sebagai client sekaligus server.

Berbeda dengan model jaringan client server, peer to peer tidak memerlukan komputer server dengan spesifikasi yang tinggi. Oleh karena itu, model peer to peer sering digunakan juga untuk 'membangkitkan' kembali komputer tua dengan spesifikasi rendah.

Pada dasarnya, model jaringan komputer peer to peer atau client server dibangun berdasarkan kebutuhan. Peer to peer digunakan untuk skala yang lebih kecil yang membutuhkan sharing resource dan service.

Untuk membuat jaringan peer to peer sangat sederhana dan hanya dibutuhkan 1 kabel UTP yang dipasang pada setiap kartu jaringan komputer. 

Karena itu, instalasi jaringan peer to peer juga lebih murah karena tidak membutuhkan banyak perangkat jaringan lainnya seperti pada jaringan client server yang masih membutuhkan switch atau hub dalam instalasinya.

Dalam implementasinya, peer to peer bisa dibangun hanya dengan 2 komputer dan tidak lebih dari 10 komputer.

Selain itu, spesifikasi komputer bukan menjadi penghalang untuk saling terhubung sehingga komputer lama sering dimanfaatkan dalam instalasi jaringan peer to peer secara pribadi. Meskipun populer digunakan oleh pengguna rumahan, namun sistem peer to peer juga banyak diminati oleh perusahaan, baik kecil maupun besar.

Lihat juga 

Sejarah Jaringan Peer To Peer


Konsep jaringan peer to peer sebenarnya mulai dikembangkan pada akhir tahun 1980-an.
Namun model ini baru banyak digemari setelah Microsoft merilis sistem operasi Windows For Workgroups.

Dalam perkembangan selanjutnya pada tahun 1990-an, konsep peer to peer digunakan oleh aplikasi-aplikasi seperti KaZaA, Napster, eDonkey, BitTorrent dan lain-lainnya. 

Seiring perkembangannya, konsep jaringan peer to peer bukan hanya diminati oleh pengguna rumahan tapi juga perusahaan kecil maupun besar.

Lihat juga sejarah jaringan komputer

Kelebihan Dan Kekurangan Peer To Peer


Berikut ini kelebihan dan kekurangan jaringan peer to peer.

Kelebihan jaringan peer to peer
  1. Instalasi dan maintenance jaringan jauh lebih murah.
  2. Mudah dalam instalasi dan implementasi.
  3. Tidak memerlukan software administrasi jaringan khusus.
  4. Tidak memerlukan administrator jaringan.
  5. Cocok untuk jaringan komputer skala kecil yang membutuhkan sharing resource.
  6. Jika salah satu station bermasalah, maka tidak akan mempengaruhi komputer lainnya
Kekurangan jaringan peer to peer
  1. Dibutuhkan pelatihan oleh setiap user.
  2. Masing-masing user bertanggung jawab menjadi administrator untuk mengamankan komputernya.
  3. Tingkat keamanan rentan.
  4. Tidak cocok untuk jaringan komputer skala besar.
Di atas adalah pengertian jaringan peer to peer lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. 

Silahkan lihat juga contoh gambar jaringan peer to peer dalam topologi peer to peer.

Demikianlah pengertian jaringan peer to peer (P2P) lengkap dengan kelebihan dan kekurangan jaringan peer to peer. Semoga bermanfaat!
Posting Komentar