Kenapa Index Google Search Console selalu muncul (error server 5xx) hari ini?

"Kenapa Index Google Search Console selalu muncul (error server 5xx) hari ini? untuk membaca artikel selengkapnya dengan klik link di atas."

2 min read

Hay Blogger,

Apakah hari ini anda sudah mengideks postingan terbaru kalian di Google Search Console?

Jika Sudah apakah lancar -lancar saja, hari ini saya akan share, pada 2 akun blog saya yang sudah saya posting dan update ketika mau di indeks muncul peringatan / alert seperti gambar dibawah ini :

Error Google Search Console

Error Google Search Console

Panik gak, panik ga,?? ya paniklah masa enggak.

Namun setelah saya cek ternyata bukan saya saja yang mengalami hal ini, mungkin sebagian dari teman teman juga mengalami hal yang sama.

nah kita langsung saja ke sumber informasi di Google Suport berikut tanggapan atau pertanyaan yang sama.

Petanyaan Dari Opick :

Cara Mengatasi Error server (5xx) ?

Saya pakai blogger kenapa muncul Gagal: Error server (5xx) dan link tidak terindex google sebelum nya normal2 aja, tolong perbaiki server blogger nya, hampir semua blog saya yang pakai blogger muncul error seperti itu

Jawaban Dari Nazrina :

Halo,

Masalah error ini sudah dilaporkan ke pihak Google karena banyak dari pengguna Blogger yang mengalami hal yang sama. Sedang diinvestigasi.

Pertanyaan Dari Opick Yang Ke 2 :

blogger kan punya google, Kalo begitu tolong beritahu ke tim blogger klo server nya ada masalah sehingga bot google tidak mencrawl link karena error 5xx, klo tidak cepat di perbaiki saya takut semua link yang sudah terindex terkena deindex

Jawaban Dari Mass :

Halo Opick,

Yang bisa memperbaiki server blogger itu hanya pemilik atau orang yang mempunyai akses ke servernya.

Sedangkan forum ini merupakan forum diskusi umum untuk topik search console, tidak sepsifik utk blogger sehingga tidak tepat meminta tolong perbaiki di sini.

Ada thread lain di forum ini yang kasusnya mirip, kamu bisa coba lihat di https://support.google.com/webmasters/thread/112616344/kenapa-di-pengujian-url-terjadi-kesalahan-eror-server-5xx-dan-untuk-laporan-belum-ada-kesalahan?hl=id

Jawaban Dari Nazrina yang ke 2 :

Masalah error ini sudah dilaporkan ke pihak Google karena banyak dari pengguna Blogger yang mengalami hal yang sama. Sedang diinvestigasi.


Jadi penasaran apasih Error server (5xx) ini ?

Menurut Google Support :

Error server (5xx): Server Anda menampilkan error level 500 saat halaman diminta. Lihat Memperbaiki error server.

Error pengalihan: Google mengalami error pengalihan dengan salah satu jenis error berikut: Rantai pengalihan yang terlalu panjang; pengalihan balik; URL alihan yang akhirnya melebihi panjang maksimum URL; terdapat URL yang berbahaya atau kosong dalam rantai pengalihan. Gunakan alat proses debug web, seperti Lighthouse, untuk mendapatkan detail selengkapnya tentang pengalihan tersebut.

Googlebot menurunkan kecepatan crawling untuk situs. Penurunan kecepatan crawling sebanding dengan jumlah tiap-tiap URL yang menampilkan error server. Jika URL terus-menerus menampilkan error server, pipeline pengindeksan Google akan menghapusnya dari indeks.

Pada Intinya ada Error dari server yang kemungkinan dari situs Bloggernya. mudah mudahan tidak dalam waktu yang lama, sehingga kita masih dapat melakukan indeks dengan cepat pada setiap postingan blog kita yang terbaru.

Sekian informasinya, mudah mudahan dapat bermanfaat, bila ada kesalahan informasi saya mohon maaf, terima kasih

Posting Komentar