5 Kelebihan Budidaya Ikan Nila Yang Harus Diketahui

"Silahkan kunjungi postingan 5 Kelebihan Budidaya Ikan Nila Yang Harus Diketahui untuk membaca artikel selengkapnya dengan klik link di atas."

2 min read

Keuntungan Budidaya Ikan Nila - Mengapa ikan nila menjadi pilihan budidaya ikan komsumsi air tawar yang menguntungkan? Alasan utamanya akan dibahas di artikel ini dan itu harus kamu ketahui. Sedikit bocoran tentang keunggulan ikan nila, yaitu lebih mudah diternak dan harganya di pasaran cukup stabil.

budidaya ikan yang paling menguntungkan saat ini

Ikan komsumsi paling laris - umpanikan123.blogspot.com

Saya blogger yang baru belajar menulis dengan mengetik 10 jari. Hari ini pada tulisan ini kita akan membahas ikan yang menurut survei para peternak ikan memiliki keuntungan dan profit yang besar jika dipelihara.

Kita berfokus pada ikan komsumsi air tawar yang paling menguntungkan untuk diternak karena masa panennya yang relatif singkat dan cara budidaya ikan ini juga sangat mudah.

Ikan apakah itu? Langsung saja tanpa basa-basi, jenis ikan yang paling menguntungkan untuk diternak adalah jenis ikan nila. Mengapa ikan nila? Nah, itulah yang menjadi topik hangat kita di sore hari ini.

Ikan nila merupakan salah satu ikan air tawar yang sangat laris dipasaran. Hal ini karena ikan nila memiliki cita rasa yang unik dengan daging yang lembut dan gurih, tergantung cara masaknya.

Keuntungan Budidaya Ikan Nila

Berikut beberapa alasan mengapa ikan nila menjadi ikan komsumsi air tawar yang paling menguntungkan untuk dibudidayakan.

5. Pasar Ikan Nila Terbuka Luas

Ikan nila memiliki peminat yang sangat tinggi. Produksi ikan nila dari peternak belum mampu mencukupi permintaan pasar yang cukup tinggi. Karena itu, keuntungan ikan nila yaitu lebih muda dipasarkan dibandingkan dengan ikan-ikan saingannya seperti ikan lele dan ikan gurame.

4. Harga Jual Ikan Nila Ekonomis

Harga jual ikan nila memang cukup tinggi jika dibandingkan dengan ikan mas dan ikan lele. Beriktu beberapa survei harga jual dipasaran untuk komsumsi ikan nila dan perbandingannya dengan ikan mas dan ikan lele.

- Lubuk Linggau

Ikan Nila Rp 25 .000

Ikan Mas Rp 22.000

Ikan Lele Rp 16.000

-Baturaja

Ikan Nila Rp 33 .000

Ikan Mas Rp 30.000

Ikan Lele Rp 20.000

Data dari grup facebook Budidaya ikan lele (24 Maret 2018) dapat berubah-ubah dan berbeda di setiap wilayah.

3. Budidaya Ikan Nila Modalnya Lebih Kecil

Budidaya ikan nila tidak membutuhkan modal yang besar. Terlebih jika anda tinggal di desa, kolam dari tanah sudah cukup dan bibitnya pun tidak semahal ikan-ikan lain. Untuk pakan sendiri juga sangat banyak, selain pelet kita bisa menggunakan pakan alternatif ikan nila sehingga modal ternak ikan nila bisa ditekan.

2. Cepat Berkembangbiak

Bukan rahasia lagi, ikan nila sangat cepat dalam berkembangbiak. Hal ini karena ikan nila dapat melakukan pemijahan secara alami. Jadi, dengan beberapa indukan saja, ikan nila sudah bisa berkembang sampai ribuan ekor dalam jangka waktu 3 bulan.

1. Budidaya Ikan Nila Sangat Ramah

Dan yang pertama yang menjadikan ikan nila sebagai ikan yang paling menguntungkan untuk diternak adalah mudah dipelihara. Mudah dipelihara sudah dijelaskan beberapa di atas seperti mudah dikembangbiakkan karena pemijahan secara alami, modalnya tidak terlalu besar karena memiliki banyak alternatif pakan alami.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda setuju dengan pendapat penulis tentang ikan yang paling menguntungkan untuk diternak? Silahkan berbagi pendapat di kolom komentar di bawah.

Kelebihan budidaya ikan nila juga dipengaruhi oleh jenisnya, seperti ikan nila merah dan jenis ikan nila best.

Tidak bisa dipungkiri bawah pasti ada kekurangan dan kelemahan dari setiap kelebihan budidaya ikan nila. Karena itu, penting untuk mengetahui tentang dunia budidaya ikan nila, terlebih jika kamu masih pemula.

Demikianlah tulisan tentang kelebihan budidaya ikan nila sebagai ikan air tawar yang paling menguntungkan untuk diternak. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar