6 Keunggulan Budidaya Ikan Nila, No.1 Harga Jual Mahal

"Silahkan kunjungi postingan 6 Keunggulan Budidaya Ikan Nila, No.1 Harga Jual Mahal untuk membaca artikel selengkapnya dengan klik link di atas."

2 min read

Keunggulan Budidaya Ikan Nila - Bisnis budidaya ikan nila memang cukup menggiurkan. Penghasilan yang di dapatkan dari budidaya ikan nila tidak main-main. Keunggulan budidaya ikan yang satu ini karena dapat berkembangbiak dengan cepat sehingga menekan biaya bibit.

kelebihan budidaya ikan nila

Keunggulan Budidaya Ikan Nila - mitalom.com

Budidaya ikan adalah salah satu pekerjaan yang dapat menghilangkan stres sekaligus bisa menjadi penghasilan utama kehidupan. Pada tulisan ini, kita akan melihat peluang usaha dan keunggulan budidaya ikan nila.

Ikan nila adalah salah satu ikan komsumsi air tawar yang saat ini banyak dipelihara. Setelah melakukan beberapa survei online dan offline, budidaya ikan nila memang memiliki keunggulan-keunggulan jika dibandingkan dengan budidaya ikan air tawar lainnya.


Keunggulan Budidaya Ikan Nila

Apa saja keunggulan budidaya ikan nila? Berikut dijelaskan secara singkta dan padat keunggulan budidaya ikan nila.

6. Cepat Berkembangbiak

Ikan nila juga dikenal karena kecepatannya dalam berkembangbiak. Hanya beberapa indukan saja, budidaya ikan nila sudah tidak membutuhkan modal untuk bibit selanjutnya jika kita telah siap untuk menampung bibit ikan nila sendiri.

Ikan nila merupakan ikan air tawar yang dapat melakukan pemijahan alami, tidak seperti ikan mas. Jadi, tidak perlu repot menyediakan tempat untuk pemijahan yang ekslusif layaknya ikan mas.

5. Ikan Nila Lebih Tahan Penyakit

Ikan nila dapat hidup dikolam air tenang maupun air mengalir. Kondisi fisik ikan nila yang selalu aktif dalam mencari makan membuat ikan nila kebal terhadap penyakit jika dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya.

4. Modal Budidaya Ikan Nila Cukup Kecil

Budidaya ikan nila membutuhkan modal yang relatif kecil. Cukup dengan kolam yang memadai, termasuk kolam tanah anda sudah bisa memelihara ikan nila. Beberapa sumber menyebutkan ikan nila dapat ditabur dengan benih 20 ekor per meter kuadrat.

Harga bibit ikan nila relatif lebih murah jika dibandingkan dengan ikan air tawar seperti ikan mas dan ikan lele.

3. Permintaan Pasar Tinggi

Dari semua ikan air tawar yang dipasarkan, ikan nila juga menempati posisi yang baik. Salah seorang peternak ikan tawar mengatakan bahwa dari jenis ikan komsumsi yang dibudidayakannya, ikan mas, ikan lele, dan ikan nila, ikan nila merupakan jenis ikan yang paling cepat laku jika dipasarkan di pasar konvensional tradisional.

Hal ini tentu saja disebabkan oleh ikan nila yang memiliki daging yang empuk dan sangat nikmat. Dimasak dengan olahan apapun nyatanya ikan nila tetap habis di piring.

2. Banyak Pakan Alternatif

Hal ini telah disebutkan di atas, modal kecil. Salah satu yang menjadi kendala utama saat usaha ternak ikan adalah modal untuk membeli pakan. Pakan ikan yang mahal bisa saja menjadi penyebab berhentinya seseorang untuk beternak ikan.

Masalah pakan untuk ikan nila dapat diatasi dengan pakan alternatif yang banyak ditemui, terutama untuk yang tinggal di desa. Pakan alternatif ikan nila bisa berupa dedak, daun dedaunan seperti daun singkong, daun talas, bahkan masakan di rumah pun seperti sayur-sayuran dan nasi, dan masih banyak lagi. Dengan pakan alternatif maka biaya untuk membeli pelet ikan tidak akan terlalu besar.

1. Harga Jual yang Tinggi

Dari 3 jenis ikan air tawar komsumsi yang paling populer dibudidayakan, ikan nila, ikan mas, dan ikan lele, ikan nila merupakan ikan yang harga jualnya paling tinggi dan ikan lele paling rendah. Dengan demikian, budidaya ikan nila sangat jauh dari kata rugi.

Bagaimana dengan Anda yang sudah menjadikan ikan nila sebagai pilihan ikan air tawar untuk dibudidayakan? Adakah alasan lain sehingga Anda memilih ikan nila untuk dibudidayakan? Silahkan bagikan komentar Anda di bawah postingan ini.

Demikianlah tulisan tentang keunggulan dan kelebihan budidaya ikan nila. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar