Kenali 8 Manfaat Minum Air Putih untuk Tubuh

"Manfaat minum air putih bagi tubuh manusia dan bahaya minum berlebihan"

5 min read

8 Manfaat Minum Air Putih - Baru tahu sekarang bahwa ternyata minum air putih itu banyak sekali manfaatnya. Selain untuk kesehatan tubuh dan stamina, juga sangat baik bagi kecantikan. Namun dibalik manfaat air putih ternyata juga menyimpan bahaya.

Semua tentang air putih akan dibahas dalam satu artikel ini manfaat dan pentingnya air putih serta bahaya mengkomsumsi air putih secara berlebihan. 

manfaat minum air putih bagi kesehatan

Mengenal Manfaat Air Putih - pixabay.com


Alasan Minum Air Putih

Mengapa kita harus minum air putih yang cukup setiap harinya? Alasannya, sekitar 70% tubuh manusia terdiri dari air. Karena itulah, tubuh manusia sangat cepat lelah terlebih jika keadaan dan suhu udara sedang tinggi seperti pada siang hari di saat matahari sedang terik.

Tips Kesehatan: Hindari juga mengkomsumsi minuman beralkohol dan minuman yang mengandung banyak manisan dan pewarna buatan. Untuk yang suka manis, komsumsilah buah karena buah juga mengandung banyak air dan lebih menyehatkan.


Bagus mana, minum air dingin atau air hangat?

Tentu saja, ini sesuai dengan keadaan. Minum air putih sebaiknya yang sedang-sedang saja, tidak perlu sedingin es atau pun air hangat. Juga air panas tidak dianjurkan! Namun, penelitian menunjukkan adanya manfaat lebih saat mengkomsumsi air hangat di pagi hari. Saat baru bangun pagi dalam keadaan perut masih kosong, air hangat sangat baik untuk kesehatan usus.


Berapa gelas air putih sehari?

Berapa banyak air putih yang harus di minum setiap harinya?

Tidak sedikit yang mengatakan bahwa air putih yang harus dikomsumsi setiap harinya sebesar 2 liter atau 8 gelas. Menurut saya sendiri, bukan seberapa banyak gelas air putih setiap hari tapi seberapa sering kita membuat tenggorokan kita tidak kering. Jadi, sebelum haus sebaiknya kita sudah minum agar tubuh tidak dehidrasi (kehilangan cairan tubuh).

Istilah 8 gelas cocok digunakan sebagai alarm bahwa air putih sangat penting untuk tubuh. Jadi, tidak perlu mentarget berapa gelas air putih setiap harinya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan tubuh. Selain memiliki manfaat yang luar biasa, air putih juga dapat berbahaya lho bagi tubuh.

Lihat juga cara mengatasi hidung tersumbat


Manfaat Minum Air Putih

Berikut beberapa manfaat mengkomsumsi air putih bagi kesehatan tubuh.

1. Cocok untuk Diet

Banyak wanita di dunia ini yang berhasil memiliki tubuh yang langsing dan sehat karena rutin mengkomsumsi air putih. Mengkomsumsi air putih sebelum makan dapat membuat seseorang lebih kenyang sehingga asupan makanannya jauh lebih rendah dari pada mereka yang sedikit minum air putih. 

2. Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Salah satu manfaat lain yang sangat penting saat mengkomsumsi air putih adalah dapat memperlancar sirkulasi udara dalam tubuh. Setiap minum air putih kita akan mengeluarkannya lagi melalui saluran pembuangan manusia. Proses tersebut dapat juga membawa keluar racun dari dalam tubuh.

Toksin dapat masuk ke dalam tubuh secara tidak sengaja melalui makanan dan minuman yang dikomsumsi. Air putih dapat menjadi jawaban untuk mengeluarkan toksin tersebut melalui sistem sirkulasi tubuh manusia seperti urin.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Semakin cepat metabolisme tubuh maka akan semakin cepat pula sistem pencernaan. Keuntungan yang didapatkan seperti berkurangnya masalah pencernaan dan bagi wanita yang sedang berdiet, minum air putih dapat mempercepat asupan nutrisi sehingga proses metabolisme tetap terjaga.

4. Mencegah Masalah Pencernaan

Minum air putih yang cukup juga bermanfaat dalam mencegah masalah pencernaah seperti sembelit atau susah buang air besar. Seperti yang disebutkan di atas bahwa manfaat minum air putih adalah dapat mempercepat metabolisme tubuh dan sehingga menjaga sistem pencernaan tetap lancar.

5. Menghambat Penuaan Dini

Kurang mengkomsumsi air putih dapat membuat kulit lebih mudah kering. Jika ini sering terjadi maka tingkat penuaan dini dan keriput dapat lebih cepat terjadi. Tidak mau kan terlihat cepat tua? Umur 40 kok seperti umur 60-an? Karena itu, komsumsilah air putih agar tetap awet muda.

Tips Awet Muda - Awet muda juga disebabkan oleh rutin mengkomsumsi air putih, tidur malam yang cukup, dan kurangi stess. Selain itu, selalu menjaga kebersihan wajah setiap akan tidur malam dan saat beraktivitas di luar rumah.

Jadi, ternyata minum air putih juga memiliki manfaat bagi kesehatan wajah.

6. Mencegah Batu Ginjal

Kandungan garam dan mineral dalam urin dapat diatasi dengan mengkomsumsi air putih. Dengan rutin mengkomsumsi air putih dan dalam takaran yang wajar maka kandungan garam tersebut dapat encer dan dibuang bersama urin. Pastikan juga agar air yang dikomsumsi bersih agar tidak memberatkan pekerjaan ginjal.

7. Memulihkan Stamina

Mengkomsumsi air putih saat bangun pagi dapat memulihkan tubuh dari rasa ngantuk setelah tidur semalaman dan tubuh akan kembali segar. Selain itu, saat sedang lelah meminum air putih dapat memulihkan stamina.

8. Mencegah Bau Mulut

Air putih dapat menjadi penyelamat bagi hubungan Anda dengan teman-teman disekitar Anda. Dengan mengkomsumsi air putih yang cukup dan rutin, kuman di mulut yang menyebabkan bau mulut yang tidak sedap hilang dan tidak berkutik.


Manfaat Minum Air Putih Bagi Saya

Saya sendiri rutin mengkomsumsi air putih dan dampaknya memang sangat berbeda jika dibandingkan dengan jarang mengkomsumsi air putih. Berikut beberapa manfaat minum air putih menurut pengalaman saya sendiri.

1. Menjaga Stamina Tetap Fit

Bekerja seharian di depan komputer membuat saya harus cukup minum air putih. Begitu pun saat di sawah, saya harus memiliki persediaan air putih agar tidak dehidrasi saat bekerja di tengah teriknya sinar matahari.

2. Meningkatkan Fokus

Anda pernah lihat iklan salah satu produk mineral terkemuka di tanah air, kan? Nah, itu juga merupakan salah satu manfaat air putih bagi saya. Dengan mengkomsumsi air putih, saya menjadi jauh lebih fokus.

3. Alarm di Pagi Hari

Saya sangat senang mengkomsumsi air putih di malam hari sebelum tidur dan sesudah bangun pagi. Tujuan saya meminum air putih sebelum tidur malam adalah agar lebih cepat bangun pagi. 

Adanya rangsangan untuk mengeluarkan urin di pagi hari akibat dari mengkomsumsi air putih di malam hari membuat saya lebih siap untuk menghadapi hari. Setelah bangun pagi saya juga senang mengkomsumsi air putih untuk mengembalikan cairan yang hilang setelah tidur semalaman.


Bahaya Minum Air Putih Berlebihan

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidaklah baik. Seperti air yang memiliki segudang kegunaan dan fungsi bagi tubuh, ternyata juga menyimpan bahaya bagi tubuh itu sendiri. Jangan pernah berpikir untuk meminum air sebanyak-banyaknya dalam durasi waktu yang singkat.

Minum air putih yang berlebihan dapat membuat fungsi ginjal bekerja dengan sangat keras. Jika hal ini terus menerus terjadi maka ginjal dapat mengalami penurunan daya kerja dan penyaringannya. 

Pada penderita penyakti ginjal, minum air putih yang berlebihan semakin menambah beban kerja ginjal yang sangat berbahaya terlebih karena ginjal juga sudah tidak berfungsi dengan baik.  

Jadi solusi terbaiknya harus seperti apa? Semua tergantung pada masing-masing kita. Tidak perlu membuat target berapa gelas perhari. Minum secukupnya dan jangan berlebihan karena juga tidak baik untuk kesehatan.

Jika kurang minum air putih tidak baik untuk kesehatan dan minum air putih secara berlebihan tapi dapat menyebabkan penyakit maka kita ambil yang aman saja, yaitu di tengah-tengah. Tengah-tengan berarti sesuai kebutuhan masing-masing.


Cara Menjaga Rutinitas Minum Air Putih

Pada bagian terakhir ini, saya akan memberikan tips dan trik agar tetap menjaga rutinitas minum air putih yang baik dan benar. Setiap hari, saat beraktivitas pastikan selalu membawa persediaan air putih. Minumlah sebelum benar-benar haus dan tidak perlu berhitung harus cukup 8 gelas perharinya.

Saya sendiri, saat akan makan pastinya menyediakan air putih. Begitu pun saat sedang duduk di depan komputer, air putih pasti sudah siap. Jangan dekatkan air putih dengan peralatan elektronik karena dapat berakitbat fatal.

Tips Kesehatan: Duduklah saat mengkomsumsi air putih. Ternyata, minum air putih dalam keadaan berdiri itu tidak baik untuk kesehatan tubuh dan organnya.

Wow! Lengkap sudah tentang manfaat air putih, alasan dan pentingnya mengkomsumsi air putih sampai bahaya minum air putih yang berlebihan yang disertai tips dan trik kesehatan.

Lihat juga cara mengatasi buta warna

Sekian dari saya, teruslah mengkomsumsi air putih yang sehat dalam takaran yang cukup sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga. Semoga bermanfaat dan terima kasih!

Posting Komentar