7 Pakan Alternatif Untuk Ikan Nila Agar Cepat Besar

"Silahkan kunjungi postingan 7 Pakan Alternatif Untuk Ikan Nila Agar Cepat Besar untuk membaca artikel selengkapnya dengan klik link di atas."

2 min read

7 Pakan Alternatif Untuk Ikan Nila Agar Cepat Besar - Pakan alternatif ikan nila adalah makanan yang dapat diberikan kepada ikan selain pelet. Pakan ini dapat berupa daun dan bahan organik lainnya. Kamu juga bisa membuat pakan ikan nila sendiri untuk menekan modal usaha.

Pada kesempatan sebelumnya, kita membahas keunggulan-keunggulan budidaya ikan nila yang salah satu keunggulannya adalah tidak membutuhkan modal yang besar karena memiliki beberapa alternatif pakan selain pelet.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pakan ikan merupakan salah satu modal utama yang harus diperhitungkan sebelum memulai usaha ternak ikan. Jika tanpa perhitungan yang matang maka usaha ternak ikan bisa saja memiliki resiko kerugian bahkan berhenti di tengah jalan.

Sesuai dengan judul di atas, tulisan ini akan membahas tentang pakan alternatif untuk ikan nila sehingga modal yang digunakan tidak terlalu besar. Setidaknya pakan alternatif ini bisa menghemat pengeluaran pada tahap awal budidaya ikan nila.

Ikan nila termasuk ke dalam jenis ikan pemakan segalanya atau istilah biologinya "omnivora". Dengan demikian, pakan alternatif untuk ikan nila sangat mudah didapatkan di sekitar tempat tinggal kita.


7 Pakan Alternatif Untuk Ikan Nila Agar Cepat Besar

Berikut daftar pakan alternatif ikan nila yang dapat anda temukan di lingkungan anda agar ikan cepat besar.

7. Tumbuhan Paku (Azzola)

pakan ikan nila pengganti pelet dari daun

Pakan Alternatif Ikan Nila - seputarpertanianoke.blogspot.com

Azzola adalah salah satu jenis tumbuhan paku air dari azzollaceae yang tumbuh mengapung di permukaan air. Azzola memang sudah terkenal dikalangan para peternak ikan yang ampuh digunakan sebagai alternatif pakan ikan.

Kandungan azzola juga dapat menjamin nutrisi ikan nila terus terpenuhi karena mengandung 33% protein (seputarpertanianoke.blogspot.com). Selain protein, azzola juga mengandung lemak dan karbohidrat.

6. Ampas Kelapa

Salah satu alternatif pakan ikan nila yang murah dan gampang didapatkan adalah ampas kelapa, bahkan gratis. Jika anda tinggal di desa, ampas kelapa sangat mudah didapatkan, terlebih jika punya pohon kelapa sendiri maka modal pengeluaran untuk membeli pakan seperti pelet bisa ditekan.

Pemberian ampas kelapa sebagai alternatif pakan ikan nila dapat dilakukan secara langsung atau melalui proses fermentasi sebelum ditebar untuk makanan ikan nila.

5. Nasi Sisa

Nasi juga dapat digunakan sebagai alternatif pakan untuk ikan nila meskipun kandungan proteinnya tidak setinggi sayur-sayuran. Kandungan dalam 100 gr nasi adalah 2,66 gr protein, 27,9 gr karbohidrat, dan lemak 0,28 gr. Pemberian nasi sebagai pakan alternatif untuk ikan nila tidak direkomendasikan karena modalnya akan lebih besar dari pada penggunaan pelet itu sendiri.

4. Kangkung

Sayuran yang satu ini memang sangat disukai oleh ikan nila dan mujair. Di desa saya dulu memancing ikan nila dan ikan mujair dapat dilakukan hanya dengan mengandalkan daun kangkung yang digulung sebagai umpan yang diletakkan di mata kail. Ini juga termasuk pakan ikan nila alami yang cocok digunakan.

3. Daun-daun Sayur Lainnya

Dari beberapa sumber di forum peternak ikan nila dan informasi di google, beberapa daun-daunan lain yang dapat dijadikan sebagai pakan alternatif adalah daun singkong, bayam, sawi, dan lain-lain.

2. Makanan Rumah Tangga

Selain beberapa sayur mentah di atas sebagai alternatif pakan nila, sayur-sayuran rumah tangga (limbah sayuran) dapat digunakan sebagai alternatif pakan ikan nila. Sayuran-sayuran yang tidak dikomsumsi lagi dapat digunakan sebagai makanan alternatif bagi ikan nila dari pada dibuang begitu saja.

Limbah seperti ini dapat juga didapatkan diwarung-warung makan dengan harga yang murah bahkan gratis.

1. Roti

Roti disini bukanlah roti yang masih layak dimakan karena itu bukanlah makanan alternatif ikan nila melainkan makanan ekslusif. Roti yang dimaksud adalah roti yang sudah basi atau berjamur yang harganya sudah pasti lebih murah sehingga dapat menekan modal pakan untuk ikan nila.

Itulah beberapa pakan alternatif ikan nila yang dapat menekan modal usaha ternak ikan nila dari segi pakan. 

Perlu diingat, meskipun begitu mudahnya mendapatkan pakan alternatif, pakan untuk ikan nila juga tidak boleh berlebihan karena dapat menjadi masalah baru seperti air yang terlalu cepat keruh jika pakan yang diberikan tidak habis dikomsumsi.

Demikianlah artikel tentang pakan alternatif ikan nila agar cepat besar yang mudah ditemukan dan mudah dibuat sendiri. Semoga bermanfaat dan terima kasih!

Posting Komentar