6 Peluang Usaha Modal Kecil di Pedesaan

"Silahkan kunjungi postingan 6 Peluang Usaha Modal Kecil di Pedesaan untuk membaca artikel selengkapnya dengan klik link di atas."

4 min read

6 Peluang Usaha Modal Kecil di Pedesaan - Di film-film FTV, banyak orang kampung merantau ke kota dan sukses di kota menjadi artis. Tapi, mulai sekarang kamu tidak perlu lagi merantau ke kota untuk mendapatkan penghasilan. Saat ini, banyak peluang usaha di desa dengan modal kecil yang untungnya cukup besar.

contoh usaha menjanjikan di desa dengan modal kecil

Contoh Usaha Modal Kecil di Desa

Namun banyak yang masih meragukan sebuah bisnis di desa dapat berkembang dan maju. Padahal, kenyataann di lapangan berbanding terbalik dengan pendapat tersebut.

Peluang usaha di desa cukup menjanjikan di era ini. Cukup dengan modal kecil sebuah usaha di desa dapat menjadi sangat menguntungkan. Tidak peduli apapun jenis usahanya, peluang suatu usaha dan bisnis yang dijalankan di desa lebih berpeluang untuk sukses. Tentu saja, desa yang dimaksud adalah desa yang sudah terjangkau oleh internet dan lalulintas.


Peluang Usaha di Desa Modal Kecil

Berbicara tentang desa memang tidak akan pernah ada habisnya, terlebih jika itu adalah kampung halaman sendiri. Berbicara tentang desa tidak lepas dari suasana yang nyaman dan asri serta udara yang segar. Di era modern ini, desa pun tidak lepas dari invasi dunia bisnis dan pengusaha.

Banyak pengusaha UKM dan menengah yang menjadikan desa sebagai pusat bisnis dan tujuan bisnis. Tidak bisa dipungkiri bahwa dunia desa cukup terbuka untuk memulai inovasi dan mengembangkan bisnis baru yang kreatif.

Beberapa desa di Indonesia telah berhasil membangun desa bisnis yang membuat para penduduknya hidup makmur. Berbicara tentang peluang bisnis, desa merupakan tempat yang cocok untuk para pemula yang ingin membangun sebuah bisnis.


Contoh Peluang Usaha di Desa dengan Modal Kecil

Berikut beberapa contoh peluang bisnis dan usaha modal kecil yang cocok di desa yang dapat anda coba.

1. Ternak Ikan

Usaha ternak ikan memang tidak ada matinya. Di kota di desa terlebih lagi. Tren budidaya ikan memang sudah dari sejak dahulu dilakukan oleh banyak orang. Membangun usaha ternak ikan harus melihat peluang yang ada. Karena tujuan kita adalah peluang usaha di desa maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti kolam, jenis ikan, cara perawatannya, serta tujuan pemasarannya.

Untuk menjelaskan semua itu, kami akan kembali pada pertemuan yang akan datang. Intinya anda harus berani mencoba dan membuat perhitungan dengan peluang usaha di desa yang anda yakini. Jenis ikan untuk yang baru memulai ternak ikan bisa mencoba jenis ikan nila atau ikan mas. Ikan nika selain karena cepat berkembangbiak perawatannya pun tidak sesulit memelihara ikan lainnya.

2. Ternak Ayam

Ternak ayam merupakan peluang usaha yang juga cocok di desa. Memang akhir-akhir ini, peluang ternak ayam di desa seakan-akan dilupakan. Ternak ayam memang memerlukan pertimbangan lebih sebelum dimulai. Peluang usaha dan bisnis ternak ayam selalu terbuka lebar bagi para UKM dan usahawan yang mau berusaha.

Yang perlu diperhatikan dalam ternak ayam adalah jenis ayam yang baik untuk dikembangbiakkan dan peluang pemasaran jelas dan terarah. Untuk pembukaan, anda sebagai usahawan bisa memulai dari ternak ayam kampung yang harga jualnya lebih mahal jika dibandingkan ayam potong. Sedikit tambahan beberapa orang tidak cocok dengan ayam potong.

3. Tabulampot

Tren yang sedang dan baru dimulai beberapa tahun silam ini akan nge-tren dalam waktu dekat. Tidak hanya karena prosesnya terbilang lebih mudah daripada usaha lain di desa dan tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup modal mengenal jenis-jenis tanaman yang cocok ditanam dalam pot dan cara mengembangkannya.

Peluang usaha di desa yang satu ini menurut saya sangat cocok karena tersedia lahan yang cukup luas untuk menggarapnya. Ini karena tabulampot juga termasuk peluang yang banyak digemari di kota karena merupakan cara bertani yang tidak membutuhkan lahan yang luas. Untuk pemasarannya sendiri, jika jenis tanamannya baik maka orang terutama pecinta tanaman tidak akan tawar-tawar dengan harga ratusan ribu rupiah.

Target pasar tabulampot sendiri sangat luas bahkan bisa sampai perkotaan. Hal ini karena halaman rumah di kota lebih sempit jika menanam langsung tanaman di tanah.

Paling tidak, seseorang yang tertarik dengan usaha tabulampot memiliki kemampuan untuk mencangkok tanaman atau melakukan stek maupun sambung pucuk.

4. Pupuk Kompos dan Organik

Untuk yang peluang usaha pedesaan yang satu ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Semua petani dan pekebun serta peternak butuh yang namanya pupuk. Pupuk sendiri dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Hal ini telah saya lihat dari salah satu home industri yang hadir di desa tempat saya tinggal. Hasil penjualan pupuknya lumayan menguntungkan dan berhasil memikat target pasar.

Hal ini tentunya didukung oleh kemampuan marketing dan kualitas pupuknya yang jauh lebih baik dari pada produksi pabrik yang biasa digunakan oleh masyarakat. Untuk menjadi supplier dari pupuk kompos dan organik dibutuhkan eksperimen dan keinginan yang kukuh.

Untuk cara pembuatan pupuk kompos dan organik tersedia tutorial di google yang dapat anda dapatkan dengan gratis. Peluang usaha pupuk kompos dan organik memang sangat besar namun juga didukung oleh kemampuan membuat dan meracik pupuk yang dapat membantu produktivitas hasil pertanian dan peternakan. Jika anda setengah-setengah sebaiknya anda tidak melakukan usaha yang satu ini dan memilih usaha-usaha yang lain di desa yang telah disebutkan beberapa dalam tulisan ini.

5. Menjadi Distributor Hasil Pertanian

Banyak teman banyak rejeki akan selalu berlaku dalam dunia bisnis dan usaha. Semakin banyak jaringan yang anda miliki maka tawaran dan peluang bisnis juga akan semakin terbuka.

Salah satu peluang usaha yang patut anda coba di desa adalah menjadi distributor hasil pertanian. Tentu saja ini merupakan peluang yang menjanjikan bagi anda yang memiliki banyak jaringan dan mahir dalam kemampuan marketing.

Untuk menjadi distributor hasil pertanian dapat dimulai dari desa tempat anda berada. Mulailah dengan menawarkan jasa anda untuk menjual hasil produksi petani maupun peternakan. Modal utama yang harus dimiliki untuk ini adalah kejujuran. Dengan demikian, anda akan menjadi penampung terbesar hasil pertanian di desa anda sehingga anda menjadi aktor utama yang akan berbisnis dengan para pedagang.

Untuk menjadi distributor hasil pertanian, anda setidaknya memiliki modal yang besar dan kendaraan untuk dapat memasarkan hasil produksi ke perkotaan. Namun anda juga bisa memasarkannya langsung ke pedagang yang sudah anda kenal baik dan menjemput hasilnya saat sudah di tangan anda.

6. Usaha Kuliner

Meskipun ini lumayan aneh, terlebih karena daya beli masyarakat pedesaan masih rendah jika dibandingkan di kota-kota besar. Namun peluang usaha ini cukup baik untuk dicoba. Melihat betapa banyaknya penjual makanan dan sayur-sayuran keliling yang datang dari luar desa membuat saya terinspirasi untuk memasukkan ini sebagai usaha di desa yang patut diperhitungkan.

Usaha kuliner bisa dimulai dari menjual gorengan. Bisa dikombinasikan dengan sayur-sayuran atau hasil pertanian anda sendiri sehingga modalnya lebih murah karena menggunakan bahan mentah sendiri.

Modal utama untuk memulai usaha ini adalah kebersihan. Sedikit kreatif dan inovasi sudah bisa membuat penjualan anda laris manis, misalnya wifi gratis jika memang memungkinkan atau inovasi yang lainnya yang dapat menarik pembeli untuk membeli di tempat anda.

Apa pun dan dimana pun usahanya, memang tidak akan semudah membalikkan telapak tangan. Peluang bisnis dan usaha di desa memang terbuka luas namun perlu usaha untuk dapat mengembangkannya dan butuh proses untuk mencapai kesuksesan.

Tidak ada yang mudah namun anda harus mencobanya dan berani membawa perubahan itu di desa ke kota atau sebaliknya dari kota ke desa kemudian kembali ke kota. Desa pun akan ramai layaknya di kota suatu saat nanti.

Demikianlah tulisan tentang peluang usaha dan bisnis di desa yang cukup menjanjikan dan layak anda coba. 6 Peluang usaha modal kecil di atas sangat cocok dijalankan di desa. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Posting Komentar