KAIN SUEDE : Kelebihan, Kekurangan, Karakteristik, Jenis

"Bahn Kain Suede lengkap dengan pengertian, kelebihan, kekurangan, karakteristik, jenis jenis kain suede, motif, warna, penggunaan [LENGKAP]"

8 min read

Kain Suede

Kain Suede – Apa sih kain suede itu. Kain suede adalah jenis kulit dengan proses finishing yang menghasilkan tekstur lapisan yang sangat halus. Biasa untuk digunakan dalam beberapa pakaian, seperti halnya, jaket, sepatu, kemeja, dompet, ataupun furniture lainnya. Istilah suede ini diambil dari bahasa Prancis “Gants de Suede” yang bermakna sarung tangan dari Swedia.

Bahan yang dijadikan kulit suede ini biasanya berasal dari kulit hewan. Rusa, kambing, domba, ataupun sapi. Kenapa yang digunakan adalah hewan – hewan tersebut. Dikarenakan yang dibutuhkan dalam membuat kain suede adalah kulit yang memiliki serat agar lapisan yang didalamnya bisa menyerap cairan dengan mudah. Sehingga ketika proses pembentukannya (jahitan) lebih efisien dan aman ketika digunakan.

Setelah sedikit mengetahui apa itu kain suede. Anda pun juga harus tau bagaimana cara merawat kain suede yang telah dijadikan sebagai fashion ataupun furnitur yang lain.

Daftar Isi


Cara Merawat Kain Suede dengan Baik dan Benar

Cara Merawat Kain Suede dengan Baik dan Benar

1. Stop Penggunaan Air

Menggunakan air dalam membersihkan kain suede sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak tekstur halus dari kain suede itu sendiri. Gunakanlah sikat kering untuk membersihkan kotoran yang menempel di kain tersebut. Anda pun harus menggunakan cairan tertentu untuk membersihkan jenis pakaian suede ini. Agar, tekstur halus yang dimiliki kain suede tetap terjaga.

2. Gunakan penghapus pensil untuk menghilangkan noda

Tanpa perlu repot – repot mencuci ketika terdapat noda, anda pun cukup membersihkannya dengan penghapus pensil. Tekstur halus yang terdapat pada kain suede pun juga tidak akan rusak ketika dihilangkan dengan penghapus pensil yang tergolong lembut tersebut. Jadi pastikan ketika ada sedikit noda yang menempel, cukup dengan penghapus pensil saja.

3. Lindungi dengan cairan khusus

Sebagai pelindung dari noda – noda kotor, kain suede juga memiliki protektor berupa cairan khusus yang dapat anda gunakan. Cairan ini berupa spray yang mudah dibawa kemana – mana. Sehingga anda dapat dengan mudah memanfaatkannya. Anda pun juga tidak perlu khawatir cairan ini dapat melunturkan warna dari kain suede anda. Aman dan terjamin ampuh.

4. Bedak tepung maizena

Salah alternatif dalam merawat kain berbahan dasar suede ini adalah dengan tepung maizena. Kok bisa? Tepung maizena ini adalah tepung yang mampu membuat lapisan sepatu menghilangkan noda dengan cara menaburkan bubuk tersebut hingga mengering. Setelah itu, cukup dengan menghapus area yang terkena tepung maizena tadi dengan kain bersih. Simpel bukan ?

5. Sikat gigi

Kenapa harus sikat gigi? Menggosok kain suede dengan kasar akan merusak serat dari kain tersebut. Oleh karenanya gosoklah menggunakan sikat gigi secara perlahan. Selain permukaan dari sikat gigi ini terlihat lebih halus dari sikat cuci yang biasa digunakan untuk mengkasak baju ataupun sejenisnya.

Dengan beberapa tips diatas anda dapat menerapkannya ketika anda ingin memiliki pakaian yang terbuat dari bahan kain suede. Tapi tak hanya itu saja, masih ada banyak hal yang perlu anda ketahui mengetahui kain suede ini. Beberapa diantaranya adalah keuntungan menggunakan bahan suede serta keurangan yang anda dapatkan ketika menggunakannya. Informasi ini sangat penting untuk diperhatikan agar tidak salah merawat suede.

Sebelum lanjut ke pembahasan selanjutnya, anda perlu memerhatikan. Bahwa kain suede ini berbeda dengan kain beludru. Karena tekstur dari kedua kain tersebut memiliki kesamaan. Sama – sama halus permukaan dan lapisan – lapisannya. Serta bahan yang digunakan untuk menjahit kain suede pun terbuat dari kulit binatang yang berserat.


Kelebihan Kain Suede

Kelebihan Kain Suede

1. Tidak mudah panas ketika terkena sinar matahari

Bahan kain suede ini terbuat dari kulit hewan yang memiliki serat. Sehingga dalam pemrosesan untuk dijadikan sebuah kain memiliki beberapa tahapan tertentu. Kain suede ini juga dapat menyerap cairan dengan mudah serta sinar matahari yang langsung memancar ke kulit. Anda pun tidak akan mudah merasa panas ketika terkena sinar matahari langsung.

2. Harga yang tergolong murah

Harga yang relatif terjangkau ini juga menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh kain suede ini. Karena kita tahu, meskipun pembuatan serta bahan yang digunakan dalam perakitannya sangat mudah ditemukan. Kualitas dan harga pun juga menyesuaikan pada akhirnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa, harga dari kain suede ini juga terjangkau.

3. Tahan lama

Kulit suede ini juga memiliki kelebihan berupa tahan lama. Dapat digunakan selama lima tahun beruntun apabila perawatan yang dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada, seperti yang telah dijelaskan diatas. Selain memiliki tekstur yang halus, kain suede ini juga menjadikan pakaian yang kita gunakan menjadi nyaman dan hangat. Jadi, tidak dapat dipungkiri bahwa kain suede ini merupakan kain dengan kualitas terbaik secara pembuatannya.


Kekurangan Kain Suede

Kekurangan Kain Suede

1. Rentan terhadap noda yang berkeliaran

Kain suede ini memang tergolong “manja” karena membutuhkan perawatan yang lebih ketika ingin menggunakannya. Namun, dapat kita ketahui ketika sesuai perawatannya, kain ini bisa bertahan lama mencapai lima tahun lamanya. Sehingga keperluan yang dibutuhkan dalam melakukan prosesi tersebut juga tidak murah dan mudah.

2. Lebih tipis dibandingkan kulit yang lain

Kulit yang digunakan untuk membuat kain suede ini juga termasuk ke dalam bahan – bahan pilihan lainnya. Karena dalam proses pembuatannya, kain suede ini memerlukan tangan – tangan kreatif dalam merajut kain berserat tersebut. Bisa dikatakan, jahitan dari kain ini juga akan mudah terlepas saking tipisnya rajutan kain suede ini. Jadi, untuk kalian yang menginginkan kain suede ini untuk dijadikan pakaian sehari – hari anda, agar lebih dijaga teksur kehalusannya.

3. Kulit asli suede susah dicari ketimbang yang sintetis

Selain mudah kotor dan membutuhkan perawatan khusus. Bahan suede yang satu ini juga sulit dicari barang orisinilnya. Karena pembuatan dari kain suede yang terbilang jarang ini, pun sulit dalam pembuatannya. Sehingga kain suede ini jarang dijumpai di pasaran, namun akan lebih mudah ditemukan yang sintetis.


Perbedaan Kain Suede dengan Kain Beludru

Seringkali banyak orang yang beranggapan bahwa kain suede sangat mirip dengan kain beludru. Disamping karakteristik yang terdapat pada kain suede ini hampir sama teksturnya, permukaan halus dari kain beludru pun sama halnya dengan kain suede ini. Oleh karena itu, anda semua harus mengetahui perbedaan mendasar dari kedua kain tersebut. Lantas manakah yang membedakan diantara keduanya?

Kain suede adalah sebuah kain yang berbahan dasar kulit sapi atau hewan ternak yang lain dengan melalui berbagai proses tahapan dalam pengemasannya. Tahap – tahap yang dilakukan pun cukup rumit, agar mendapatkan hasil yang cukup ekslusif. Jadi bisa dikatakan proses pembuatan bahan suede satu ini sangat rumit yang pada nantinya berakibat mahal terhadap harga jualnya.

Adapun untuk kain beludru sendiri, adalah kain yang terbuat dari serat sutra. Kain yang dihasilkan pun memang sangat halus, hampir mirip dengan kain suede. Bedanya permukaan dari kain beludru ini sedikit memiliki titik – titik yang menjadikan kain ini terasa khas. Tak hanya itu saja, semakin berkembangnya teknologi, kain beludru ini semakin banyak terbuat dari berbagai macam bahan. Dimulai dari rayon dan katun, hingga dari berbahan dasar polyester.

Dalam penggunaannya pun, kain jenis ini seringkali dikaitkan dengan fashion – fashion wanita seperti halnya sepatu, gaun ataupun semacamnya. Kenapa demikian, kain ini sangatlah nyaman dan cocok apabila digunakan sebagai sepatu ataupun jok pada mobil dan sepeda motor. Selain tekstur kain yang sangat halus nan lembut, membuat permukaan dari kain ini sangat disukai oleh kebanyakan orang dari peminat mobil ataupun sejenisnya.


Macam Macam Bahan Sepatu yang Baik Digunakan

1. Suede

Jenis suede ini adalah bahan dasar yang paling baik dalam membuat sepatu. Dengan pemrosesan samak kulit yang dibalik, dilakukan dari bagian dalam kulit menjadikan suede ini memiliki tekstur yang lembut pada permukaan kainnya. Sehingga menggunakan kulit suede ini akan terkesan lebih santai dan tidak formal. Karena memang nuansa yang dihadirkan pun juga semacam itu.

2. Buk / Nubuck

Kulit Nubuck hampir terlihat sama dengan kain suede yang ada. Perbedaannya terletak pada proses pembuatannya. Jika kain suede disamak dari bagian dalam kulit, kain Nubuck ini disamak dari bagian luar kulit. Akan tetapi, demi memperoleh permukaan yang halus, dipoles menggunakan bahan yang kasar.

3. Brush Off

Bahan sepatu kulit satu ini memiliki kualitas yang sangat baik. Dengan permukaan yang halus dan mengkilap membuat kain jenis ini sangat terlihat menawan sesuai dengan tampilannya. Tak hanya itu saja, permukaan kain ini pun dilapisi dengan bahan acrylic, sehingga tampilannya pun akan sedikit bersinar dan terproteksi dari gangguan kuman – kuman yang akan hinggap.

4. Full Grain

Pemrosesan dari jenis kulit ini mempunyai beberapa tahapan tanpa melalui adanya modifikasi struktur permukaan kulit bawaanya. Sehingga motif dari permukaan kulitnya masih sangat terlihat natural dan alami. Tanpa menghilangkan nuansa kulit binatang tersebut, menjadikan kulit ini sangat digemari oleh banyak orang dalam pembuatan fashion terkini.

5. Pull Up

Menggunakan kain jenis pull up adalah salah satu keputusan yang paling lanjutan dari proses finish leather. Tekstur yang dihasilkan pun akan sangat elastis karena melewati penarikan bahan hingga melar dan tipis dari kulit yang awal yang tebal dan kaku.


Trend Fashion dengan Menggunakan Kain Suede

Trend Fashion dengan Menggunakan Kain Suede

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa trend berpakaian masa kini semakin banyak macamnya. Dimulai dari desain bajunya, bahan dasarnya, hingga tampilan yang menawannya. Semua itu berawal dari trend busana masa kini yang memang sengaja dibuat untuk para remaja. Selain itu, semakin berkembangnya zaman trend busana pun semakin berkiblat ke gaya eropa maupun korea.

Sehingga budaya semacam itu, sangatlah disayangkan. Padahal dari gaya budaya Indonesia sendiri pun dapat menciptakan trend busana dengan apiknya. Tak lain itu, menggunakan kombinasi dari gaya busana modern pun akan sangat terlihat mempesona. Seperti halnya dengan gaya perpaduan batik dengan kain suede misalnya yang akan menciptakan gaya baru dalam desain mode busana masa kini.

• Wear basic trousers

Menggunakan celana panjang sebagai arus utama dalam berpakaian akan menjadikan pusat perhatian. Dengan mode fashion seperti itu, kebanyakan orang akan lebih tersoroti berbagai pasang mata sepanjang berjalan. Kenapa demikian, hal itu dimungkinkan bahwa, orang yang berpakaian seperti itu, adalah orang yang sederhana namun, berkharisma.

• Wear Suede Tshirt

Menggunakan kemeja yang berbahan dasar dari suede akan menonjolkan bahwa kamu adalah pecinta, suasana ketenangan. Terlihat dari tekstur t-shirt yang memang bernuansa kalem ketika dipandang mata. Oleh karena itu, tak hanya sekedar memakai celana panjang saja, kombinasi keduanya pun juga bisa dilakukan.

• Wear Jacket version

Versi jaket adalah accesoris tambahan dalam berpakaian. Menggunakan jaket berbahan dasar suede akan menjadikan penggunanya tampak elegan dan menawan. Perpaduan dengan kaos warna cerah serta jaket suede berwarna gelap akan tampak seperti halnya kontras yang sepadan. Dengan begitu, akan terlihat saling menyesuaikan antara keduanya.

• Wear long outer

Memakai jaket panjang penangkal musim dingin ini akan nampak terlihat trendy ketika digunakan dalam musim penghujan yang memang sering terjadi saat ini. Selain sebagai protector, jaket ini juga berfungsi sebagai penghias fashion yang anda kenakan. Dengan begitu, pakaian yang akan anda pakai terlihat kontras.


Harga Pakaian yang Terbuat dari Kain Suede

Harga Pakaian yang Terbuat dari Kain Suede

Menilik dari beberapa pakaian ataupun akesesoris yang memang terbuat dari bahan suede akan terlihat begitu mahal dari segi tampilannya. Tak hanya begitu saja, pakaian yang memang terbuat dari bahan suede tersebut memiliki tekstur yang memang sangat nyaman dan pas ketika digunakan, sehingga tidak kaget ketika menemui fashion yang berbahan dasar suede ini akan terlihat mahal di kantong anda.

Untuk lebih jelasnya anda bisa mengetahui sedikit rekapan dari harga yang dikeluarkan oleh beberapa pabrik penghasil kain suede.

1. Kombinasi jaket suede dan kaos oblong

Dari kedua kombinasi seperti ini bisa dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Sekitar Rp. 400.000 untuk tiap paket dari jaketnya maupun dari kaosnya sendiri. Hal itu sudah tak termasuk paket dalam penjualan. Terlebih kaos yang digunakan adalah sebuah diskusi rutin, dan menariknya kaos yang digunakan adalah kaos jenis oblong.

2. Celana panjang

Berbicara fashion tidak terlepas dari berbagai sesuatu yang menempel pada badan anda. Dari segi pakaian, sepatu, sandal, ataupun assesoris lainnya. Akan tetapi, setelah diketahui. Celana panjang yang berbahan dasar kain suede ini memiliki kekurangan. Kekurangannya adalah tidak diproduksi secara massal. Karena kebanyakan orang saat ini sudah mulai mencintai negaranya sendiri.

3. Kombinasi dengan kemeja suede

Mengenakan kemeja dari bahan suede ini akan terlihat sangat chic. Apalagi ketika dihadapkan dengan sebuah kombinasi perpaduan antara kemeja berbahan dasar suede. Ditambah dengan salah satu pakaian yang bermode blouse ataupun sejenisnya. Harga dari kemeja suede ini dibanderol dengan kisaran harga Rp. 200.000 bisa jadi lebih mahal.

4. Kombinasi antara pakaian kaos dengan outer panjang

Menggunakan kombinasi antara kaos dan outer yang berbentuk panjang akan terasa maksimal dalam berfashion. Dengan mode seperti halnya gaya modern barat eropa. Semakin menjadikan anda tampil modis. Jadi pastikan bahwa, kombinasi tersebut sangat pas dan nyaman dalam digunakan. Harga dari kombinasi tersebut di banderol dengan harga Rp. 250.000 – Rp. 300.000. Siapkan tabungan mulai sekarang, mulailah berbelanja musim depan.

5. Kombinasi dengan menggunakan aksesoris berbahan suede

Menggunakan aksesoris yang mendukung sebuah penampilan adalah hal yang terpenting. Oleh karena itu, bermanfaat  untuk anda tentunya. Sebagai contoh, memakai aksesoris baik berupa sepatu, kaos, ataupun hanya sekedar jaket. Jadi untuk aksesoris yang memang paling disarankan adalah sebuah sepatu, dengan banderol harga berkisar Rp. 350.000 ke atas.

Posting Komentar