Pengobatan Kaki Gajah

2 min read
Nyamuk-Kaki-Gajah

Pengobatan Kaki Gajah – Penyakit kaki gajah atau dikenal juga dengan istilah medis filariasis adalah penyakit menular yang menyerang saluran dan kelenjar limfe. Penyakit kaki gajah disebabkan oleh cacing filariasis dan ditularkan oleh gigitan nyamuk yang telah tertular oleh nyamuk ini.


Pengobatan Kaki Gajah

Penyakit-kaki-gajah

Beberapa Gejala Penyakit Gajah yang Muncul :

  • Munculnya demam secara berulang-ulang selama kurang lebih 3-5 hari. Demam akan hilang dengan sendirinya apabila anda cukup beristirahat, akan tetapi muncul kembali apabila melakukan aktivitas berat.
  • Terjadi pembesaran pada tungkai, buah zakar, buah dada, lengan dan terlihat agak kemerahan serta terasa panas.
  • Terjadi pembegkakan pada kelenjar getah bening di sekitar daerah lipatan paha dan ketiak yang terasa panas serta sakit.
  • Finareal abseas akibat seringnya menderita pembengkakan pada kelenjar getah bening, yang dapat pecah dan mengeluarkan nanah beserta darah.

Pencegahan Penyakit Kaki Gajah

Penyebaran virus penyakit kaki gajah ini adalah dari nyamuk yang sudah terinfeksi cacing filariasis, oleh karena itu supaya kita bisa terhindah dari penyakit kaki gajah ini sebisa mungkin kebersihan lingkungan tempat kita tinggal harus selalu dijaga, sehingga nyamukyang menjadi sumber penyebaran tidak ada atau berkembang biak di lingkungan sekitar kita.

Pemberantasan nyamuk ini merupakan salah satu langkah yang penting untuk bisa memutus mata rantai penularan penyakit kaki gajah ini. Selain itu juga dengan membersihkan lingkungan kita dan memberantas nyamuk bermanfaat juga untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dan malaria yang sama-sama disebarkan oleh nyamuk.

Pengobatan Kaki Gajah

Untuk pengobatan kaki gajah menggunakan obat cacing Dietil Karbamazin yang dikombinasikan dengan Albendazol. Sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat sesuai dengan tingkat keparahan penyakit.

Untuk pengobatan kaki gajah secara alami bisa menggunakan daun jati blanda, daun ini sudah dikenal bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk penyakit kaki gajah.

Untuk mempercepat proses penyembuhan sebaiknya penderita mengkonsumsi berbagai bahan makanan dan minuman yang banyak mengandung vitamin A, C, E dan juga zat besi untuk memberikan sistem imunitas yang tinggi pada tubuh.

Posting Komentar