Materi Sistem Informasi Geografis Lengkap (SIG)

"Materi sistem informasi geografis yang meliputi, manfaat, tujuan, fungsi, aplikasi, tahapan kerja, komponen, sumber data SIG."

3 min read
Materi Sistem Informasi Geografis - Hari ini saya akan berbagi rangkuman materi SIG dari berbagai artikel di blog ini yang juga didapatkan dari berbagai jurnal online maupun makalah SIG.

Materi Sistem Informasi Geografis Lengkap (SIG)
Materi Sistem Informasi Geografis Lengkap (SIG)

Diharapkan artikel Sistem Informasi Geografis dapat membantu pihak terkait yang belajar tentang SIG, secara khusus mereka yang mengambil jurusan Sistem Informasi atau Teknik Informatika dalam mata kuliah Sistem Informasi Geografis.


Pengertian SIG


Apa itu SIG? SIG adalah singkatan dari sistem informasi geografis. Secara umum, pengertian SIG sendiri adalah sebuah sistem informasi geografis yang memiliki komponen-komponen berupa hardware, software, data SIG, dan manajemen data melalui tahapan-tahapan kerja SIG.

Banyak juga ahli yang memberikan pandangannya tentang pengertian SIG. Nico Nathanael berpendapat bahwa SIG adalah sebuah sistem informasi yang mempunyai data spasial yang diambil berdasarkan letak geografis suatu wilayah untuk proses analisis, penyimpanan, dan visualisasi.

Manfaat SIG

  1. SIG memiliki berbagai manfaat dalam kehidupan manusia yang meliputi berbagai bidang seperti:
  2. Manfaat SIG dalam manajemen tata guna lahan
  3. Manfaat SIG dalam inventarisasi sumber daya alam
  4. Manfaat SIG dalam mitigasi bencara
  5. Manfaat SIG dalam tata ruang wilayah
  6. Manfaat SIG dalam bidang sosial
  7. Manfaat SIG dalam bidang telekomunikasi
  8. Manfaat SIG dalam bidang kesehatan
  9. Manfaat SIG dalam bidang hidrologi

Komponen-Komponen Sistem Informasi Geografis


Sebagai sistem, SIG juga terdiri dari komponen-komponen yang saling menyatu dan bekerjasama agar dapat tercapai suatu tujuan. Dalam tahapan kerja SIG, kita membutuhkan komponen-komponen seperti:
  1. Hardware, yaitu perangkat keras komputer yang terdiri dari alat input, olah data, dan output data.
  2. Software, yaitu perangkat lunak komputer atau aplikasi yang digunakan oleh pengguna SIG untuk mengelola data-data SIG menjadi sebuah informasi baru yang dibutuhkan.
  3. Data dan Informasi, yaitu data-data SIG yang terdiri dari data spasial dan data atribut.
  4. Manajemen, yaitu berkaitan dengan kemampuan sumber daya manusia untuk menggunakand an mengelola data SIG
  5. Metode, yaitu sistem atau teknik yang digunakan unutk menyelesaikan tahapan kerha SIG mulai dari mengelola sampai tahapan penyajian.

Fungsi SIG 


Secara umum, fungsi sistem informasi geografis adalah untuk membantu kita dalam menganalisis dan mengolah data spasial menjadi sebuah informasi baru berdasarkan keperluan.
  1. Pemanfaatan SIG membuat informasi dari sebuah data dapat dilakukan overlay atau ditumpang susun menjadi satu sehingga lebih hemat ruang. 
  2. Manfaat dari SIG adalah untuk memperbaharui data spasial. 
  3. SIG memiliki kemampuan untuk menganalisis data dan melakukan perhitungan secara cepat dan tepat. 
  4. Dengan memanfaatkan aplikasi SIG, kita dapat membuat peta secara detail dan akurat.

Sumber Data SIG


Sumber Data SIG menjadi salah satu komponen utama SIG. Data SIG inilah yang akan menjadi data mentah yang akan diolah menjadi informasi baru sesuai dengan kebutuhan.

Sumber data SIG meliputi:
  1. Peta analog
  2. Penginderaan jauh
  3. Observasi Lapangan

Jenis-jenis Data SIG


Secara umum, jenis-jenis data SIG terdiri atas 2, yaitu data spasial dan data non spasial.

Data spasial adalah data yang menjadi representasi obyek nyata di permukaan bumi yang menunjukkan lokasi absoulut atau tetap dan lokasi relatif dari sebuah obyek geografi.

Sementara data non spasial adalah data berupa penjelasan dari fenomena yang nampak di permukaan bumi yang dideskripsikan dalam bentuk kata-kata, angka dan tabel. Data atribut ini terbagi atas dua jenis, yaitu data kuantitatif yang berkaitan dengan statistik dan data kualitatif yang berkaitan dengan deskripsi.

Tahapan Kerja SIG


Tahapan kerja sistem informasi geografis meliputi:
  1. Tahap masukan data atau input data
  2. Tahap pengolahan data
  3. Tahap analisis data dan manipulasi
  4. Tahap keluaran atau output

Aplikasi SIG


Dalam mengelola data SIG, kita membutuhkan software-software SIG yang membuat pekerjaan lebih mudah dan cepat. Saat ini, aplikasi SIG yang paling sering digunakan adalah ArcGIS. 

Dalam aplikasi ArcGIS, terdiri dari beberapa aplikasi seperti ArcMap, ArcCatalog, AcrToolbox, ArcGlobe, dan ArcScene. Seperti software lainnya, software ArcGIS juga membuat pekerjaan lebih efisien.

Dengan aplikasi ArcGIS ini, kita bisa melakukan pemetaan berdasarkan data SIG yang telah diperolah.

Dalam blog ini, telah dijelaskan tentang cara menggunakan aplikasi SIG, yaitu ArcGIS dalam materi cara membuat peta di ArcGIS.

Itulah materi sistem informasi geografis (SIG) lengkap. Semoga bermanfaat!
Posting Komentar